Perbedaan Workout dan Kardioa yang Harus Kamu Ketahui

Workout dan kardio adalah dua jenis latihan fisik yang berbeda, meskipun keduanya dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara workout dan kardio:

1. Tujuan

Tujuan dari workout adalah untuk memperkuat dan membangun otot-otot tubuh. Latihan jenis ini umumnya melibatkan beban atau resistensi, seperti angkat beban atau push-up. Sementara itu, tujuan dari kardio adalah untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskular dan membakar lemak dengan melatih jantung dan paru-paru, seperti berlari atau bersepeda.

2. Intensitas

Workout cenderung dilakukan dengan intensitas yang lebih tinggi dan berfokus pada latihan pendek yang membutuhkan istirahat yang cukup lama antara setiap latihan. Sementara itu, kardio dilakukan dengan intensitas yang lebih rendah dan berfokus pada aktivitas yang terus-menerus dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Jenis Latihan

Workout melibatkan latihan dengan beban atau resistensi, seperti angkat beban, pull-up, atau push-up. Jenis latihan ini bertujuan untuk membangun otot dan meningkatkan kekuatan tubuh. Sementara itu, kardio melibatkan aktivitas aerobik yang melatih daya tahan kardiovaskular, seperti berlari, berenang, atau bersepeda.

4. Waktu Latihan

Workout dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 30-45 menit, dengan latihan intensitas tinggi yang membutuhkan istirahat yang cukup lama antara setiap latihan. Sementara itu, kardio dilakukan dalam waktu yang lebih lama, misalnya 45-60 menit atau lebih, dengan intensitas yang lebih rendah dan terus-menerus.

5. Fokus

Workout berfokus pada memperkuat otot dan membangun kekuatan tubuh, sedangkan kardio berfokus pada meningkatkan daya tahan kardiovaskular dan membakar lemak.

6. Nutrisi

Karena workout melibatkan latihan dengan beban atau resistensi, tubuh membutuhkan lebih banyak protein untuk memperbaiki dan memperkuat otot. Sementara itu, kardio membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi bagi tubuh.

Kesimpulannya, meskipun kedua jenis latihan ini memiliki manfaat yang berbeda, keduanya dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, penting untuk memasukkan kedua jenis latihan ini ke dalam rutinitas olahraga Anda untuk mencapai hasil yang optimal dan seimbang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Deretan work out yang menjadi favorit

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

Manfaat Yoga Vinyasa, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood