Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Mental dan Fisik


Selain pola makan sehat dan seimbang, olahraga juga menjadi salah satu bagian dari gaya hidup sehat yang perlu dilakukan setiap orang. Namun, tak hanya bagi fisik, olahraga juga baik untuk menjaga kesehatan mental.

Tentunya, manfaat tersebut baru bisa dirasakan jika kamu berolahraga secara rutin, diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga membuat suasana hati meningkat, karena adanya peningkatan kadar hormone endorphin. Secara tidak langsung kamu bisa terhindar dari stress dan masalah kesehatan mental lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membaca biodata Vonny Felicia dan manfaat buah bacang.

Manfaat Olahraga Bagi Mental

Secara umum, manfaat olahraga untuk menjaga kesehatan mental tidaklah main-main. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kebiasaan baik ini, yakni:

  • Meredakan kecemasan.
  • Memperbaiki suasana hati.
  • Mendongkrak rasa percaya diri.
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus.
  • Memperbaiki kualitas tidur.

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental itu didapat karena aktivitas fisik ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan mempengaruhi hypothalamic-pituitary-adrenal axis (HPA).

Perlu diketahui bahwa HPA memediasi beberapa area di otak, seperti sistem limbik, yang mengontrol motivasi dan suasana hati, amigdala, yang menimbulkan rasa takut sebagai respons terhadap stres, dan hipokampus, yang berperan penting dalam pembentukan memori serta suasana hati dan motivasi.

Saat olahraga, tubuh juga akan melepaskan neurotransmitter dan hormon seperti endorfin, dopamin dan serotonin. Secara struktural, hormon endorfin yang mirip dengan morfin dapat memberikan efek pereda nyeri alami dan membantu menimbulkan perasaan euforia.

Sementara itu, dopamin sering disebut “happy hormone” yang mampu meningkatkan mood. Lalu, meningkatnya kadar serotonin juga dapat berdampak positif pada suasana hati, serta meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Manfaat Olahraga Bagi Fisik

Menaikkan Mood

Melakukan kegiatan aerobik berintensitas sedang sekurang-kurangnya 150 menit seminggu dapat menurunkan risiko kematian dini dan membuat tubuh lebih bersemangat.

Walau hanya dengan melakukan aktivitas olahraga ringan, namun jika secara teratur akan membuat kita semangat menjalani hari dan mood lebih terjaga. Inilah sebabnya olahraga perlu dilakukan di pagi hari agar mood meningkat sebelum beraktivitas. Setiap orang dapat meraih manfaat kesehatan hanya dengan menjadi lebih aktif secara fisik.

Mencegah Penyakit

Anak-anak, orang dewasa, dan orang tua saat melakukan olahraga bisa lebih optimal dalam menjaga kesehatan. Sederhana saja seperti olahraga jalan kaki, renang, bersepeda, sepak bola, lari, atau gerakan senam aerobik dapat membantu mencegah sejumlah kondisi buruk jangka panjang.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah (Cardiovascular)

Diketahui bahwa penyakit jantung merupakan peringkat pertama penyebab kematian. Ada dua macam faktor risiko penyebab penyakit ini, yakni faktor terbiasa hidup pasif sehingga sering duduk/berbaring, dan faktor suka merokok, tekanan darah tinggi, lemak tubuh tinggi, diabetes, hidup stress, dan minum alkohol.

Khawatir dengan penyakit jantung? Olahraga teratur dapat membantu mencegah atau menangani banyak masalah kesehatan, termasuk: stroke, sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, dan masalah jantung. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan membantu menurunkan risiko kematian dari beragam penyebab.

Mencegah Osteoporosis

Olahraga dapat membantu mengurangi keluhan nyeri sendi atau nyeri pinggang bawah. Olahraga yang sedang, termasuk berjalan, berenang, dan bersepeda dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoarthritis.

Olahraga jika dilakukan oleh orang muda dan anak-anak dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu untuk mempertahankan tulang yang kuat. Bahkan mampu memperlambat degenerasi tulang di kemudian hari.

Manfaat olahraga teratur dapat membantu mencegah osteoporosis yaitu ketika tulang menjadi rapuh dan lebih rentan terhadap patah tulang. Tapi jika sudah memiliki osteoporosis, lebih baik memilih olahraga seperti berjalan atau olahraga senam aerobik.

Mencegah Kanker

Penyakit kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dan radikal bebas. Aktivitas jasmani yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu cara untuk membantu mencegah kanker tersebut.

Orang yang rajin olahraga cenderung lebih rentan terkena kanker tertentu jika tidak aktif secara fisik. Risiko kanker payudara dan kanker usus adalah sekitar 25% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak aktif olahraga.

Olahraga dapat membantu mengurangi kelelahan selama dan setelah pengobatan untuk kanker payudara atau kanker prostat. Selain itu dapat meningkatkan efektifitas proses metabolisme tubuh, termasuk di antaranya adalah sistem kekebalan tubuh menghadapi sel kanker.

Mencegah Diabetes

Rutin melakukan olahraga dapat membantu mencegah diabetes. Manfaat olahraga juga dapat mengurangi faktor-faktor lain sebagai penyebab risiko diabetes, misalnya obesitas.

Bahkan jika sudah terlanjur terkena diabetes, olahraga secara teratur dapat membantu mengontrol sensitivitas tubuh terhadap insulin dan menurunkan tekanan darah.

Aktivitas olahraga dapat membantu mengontrol tingkat kadar gula darah yang sehat dan mampu mengontrol lemak tubuh, sebagai faktor risiko diabetes tipe II.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.