Tips yoga untuk Golongan Pemula, Gampang dan Mudah

Tips yoga untuk Golongan Pemula, Gampang dan Mudah

Salah satu olahraga yang banyak diminati oleh banyak orang adalah yoga. Olahraga ini dilakukan dengan cara melenturkan tubuh dengan posisi tertentu ,aneh, dan ekspresi yang lucu. Kegiatan ini membutuhkan alat bantu yaitu matras. Yoga juga memiliki pakaian khusus yakni pakaian olahraga yang super ketat.

Yoga juga dapat dikatakan olahraga tubuh dan pikiran yang memfokuskan pada kekuatan,kelenturan, serta pernapasan. Kegiatan ini memiliki manfaat untuk menigkatkan kesehatan mental, fisik dan kebugaran jasmani

Olahraga yoga pertama kali diperkenalkan di negara India. Kegiatan ini sudah lama dilakukan dan terdapat berbagai variasi dalam gerakannya. 

Manfaat lain dalam olahraga ini yakni, membangun fleksibelitas tubuh mengurangi resiko akibat penyakit kronis, meningkatkan otot, meningkatkan keseimbangan, menurunkan berat badan dan membantu memperbaiki postur tubuh.

Olahraga yoga ini memerlukan latihan yang cukup dalam melakukannya. Bagi pemula gerakan yoga ini pastinya membuat kita bingung dan khawatir akan salah gerakan. 

Salah satu cara dalam melakukan yoga adalah dengan cara mengikuti kelas yoga. Pada penjelasan kali ini kita akan membahas beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam olahraga yoga bagi pemula.

Tips yoga untuk Golongan Pemula, Gampang dan Mudah

Tips yoga untuk Golongan Pemula, Gampang dan Mudah

1. Terbuka untuk mencoba hal baru

Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah timbulkanlah rasa ingin tahu yang kuat terhadap hal-hal baru.Saat kita mengikuti kelas yoga untuk pertama kali pastinya kita mengalami kesulitan untuk mengikuti gerakan-gerakan yoga. 

Kita mulai merasa minder bahwa kita tidak memiliki tubuh yang lentur,tubuh yang lansing , sudah berumur atau kita menganggap tidak mampu dalam mengikuti pose-pose lainnya. 

Namun tanpa kita sadari bahwa hal tersebutlah yang menghambat kita malas dalam mengikuti kelas yoga.

Marilah selalu berpikir bahwa melakukan hal-hal baru adalah suatu aktivitas yang sangat seru.

Mulailah dengan mencoba beradaptasi dengan fose-fose didalam yoga. Hal ini dapat memicu kita untuk lepas dari beban pikiran yang tidak percaya diri tadi.Ingatlah bahwa dalam melakukan yoga tidaklah seperti ajang perlombaan yang mementingkan siapa pemenang atau siapa yang paling hebat.

Tetapi kelas yoga kita lakukan untuk melakukan rutinitas olahraga yang dapat menyehatkan tubuh kita.

2. Coba Berbagai Jenis Yoga

Disetiap aktivitas jika kita lakukan secara monotan akan membuat kita menjadi bosan. Sama seperti olahraga yoga jika kita melakukan gerakan pertama dan kita anggap gerakan tersebut tidak nyaman bagi tubuh kita maka kita bisa merubahnya dengan gerakan-gerakan yoga lainnya yang lebih nyaman bagi kita, jika anda memeliki karakter yang menukai hal-hal yang cepat maka carilah gerakan-gerakan yyoga yang energik. Begitu juga sebaliknya jika karakter pribadi kita santai maka pilihlah gerakan yoga yang agak lambat. Anda sebaiknya harus mencari tahu latihan apa yang sesuai dengan karakter anda.

3. Terapakan Etika Yoga saat memasuki ruang kelas 

Menjaga etika sangat berpenting penting dalam segala kegiatan yang kita lakukan .menjaga tata krama merupakan poin penting bagi pemula dalam melakukan kelas yoga. 

Adapun tata krama yang harus dijaga yakni hadir tepat waktu pada saat kelas yoga, dalam studio yoga tidak diperbolehkan untuk mengeluarkan suara yang terlalu berisik. 

Ketika kelas yoga belum berakhir dan anda memiliki urusan penting sebaiknya meminta izinlah kepada instruktur.

Beritahukanlah kepada pelatih bahwa kegiatan ini adalah kali pertama kamu lakukan.Agar pelatih dapat mengajari anda lebih detail. Biasakan mengucapkan terima kasih kepada instruktur jika kegiatan kelas yoga sudah berakhir .

4. Gunakan pakaian yang nyaman 

Pakaian yang kita gunakan ketika melakukan kelas yoga adalah pakaian yang nyaman kita gunakan .tidak perlu memakai pakaian yang mewah atau koleksi baju yang bermerek. 

Gunakan pakaian yang menyeram keringat agar tidak mengganggu aktivitas anda. Gunakanlah handuk kecil untuk menyeka keringat dan bawahlah botol air minum untuk memstikan agar kamu tidak dehidrasi dalam mengikuti kelas yoga.

5. Jaga ragu menggunakan alat bantu

Salah satu alat bantu yang digunakan saat yoga adalah matras. Namun ada beberapa alat bantu lainnya yang dibutuhkan yakni blok dan strap yang membantu anda menyesuaikan diri dalam pose yoga bila anda mau lebih serius dalam berlatih sebaiknya menggunakan matras sendiri .

6. Katakan Terima Kasih untuk diri sendiri 

Terbiasa mengucapkan terima kasih untuk diri sendiri merupakan kegiatan yang positif untuk kita lakukan. 

Aktivitas yoga merupakan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. Anda selalu memotivasi diri agar tetap semangat melakukan kegiatan yoga untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh anda .

Nah,disela-sela istirahat kamu setelah melakukan yoga,kamu dapat sembari membaca sekilah profil tentang Kenny Austin.

Maka dari itu untuk memotivasi diri anda lebih giat dalam melakukan rutinitas anda bisa membeli paket yoga supaya lebih hemat.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan bagi pemula di kelas yoga, Selamat mencoba. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.