Gerakan Senam Jantung Sehat Yang Mudah Dilakukan

 


Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara senam jantung sehat, terdapat beberapa gerakan senam jantung yang cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah.

Senam jantung adalah senam yang dapat membuat detak jantung lebih cepat dan tubuh lebih berkeringat. Senam jantung berperan penting dalam memperkuat otot jantung, meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Senam jantung bermanfaat untuk menjaga berat badan idel, mencegah kerusakan pembuluh dara, serta menurunkan kolestrol, gula darah, tekanan darah, mencegah hepatitis, dan meningkatkan kebugaran jasmani, sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke.

Beragam Gerakan Senam Jantung Sehat

Berbagai gerakan senam jantung terdiri dari senam aerobik atau kardio dasar. Varian dari gerakan ini mulai dari intensitas ringan, menengah sampai berat. Berikut beberapa urutan gerakan senam jantung sehat yang mudah untuk dilakukan:

1. Jogging di Tempat

Gerakan senam jantung dengan cara jogging di tempat merupakan cara mudah untuk meningkatkan detak jantung. Gerakan ini juga biasanya menjadi pemanasan awal gerakan yang lebih berat.

Bisa dilakukan selama 30-60 detik. Jika jogging ditempat terasa membosankan, bisa melakukan variasi yang lain seperti mengangkat lutut ke arah dada, menaikkan tumit ke arah bokong, atau memutar-mutarkan lengan

2. Jumping Jacks

Gerakan senam jantung yang ini cukup mudah untuk dilakukan. Cukup melompat sambil membuka kaki selebar bahu dan menepuk kedua tangan di atas kepala. Bisa juga melakukannya dengan memulai gerakan ini dari posisi setengah jongkok atau squat.

3. Squat Jump

Gerakan squat jump dimulai dengan berdiri tegak kemudian melompat berjongkok. Ketika jongkok, usahakan bokong dalam posisi seperti akan duduk dan punggung lurus membentuk sudut 45 derajat. Setelah itu, lompat dan mendaratlah dengan posisi jongkok seperti semula. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

4. Mountain Climbers

Gerakan mountain climbers termasuk ke dalam gerakan senam yang cukup intens. Jika baru pertama mencoba gerakan ini, mulailah dengan perlahan dan tingkatkan kecepatan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan memposisikan tubuh seperti akan push-up. Usahakan kedua siku dan punggung berada dalam posisi lurus. kemudian, angkat lutut ke arah dada secara bergantian.

5. Burpees

Gerakan burpees sebenarnya merupakan gabungan dari gerakan squat, melompat, dan push-up.

Untuk memulai gerakan ini, dengan berdiri tegak, posisi kaki terbuka selebar bahu. Setelah itu, jongkok dan letakkan tangan di lantai, kemudian luruskan kaki ke belakang dan lakukan satu kali gerakan push-up. kemudian, kembali ke posisi jongkok dan lompat untuk berdiri.

Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari Senam Jantung Sehat

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan agar manfaat senam jantung sehat mendapatkan hasil yang optimal:

Mulai setiap sesi dengan pemanasan selama 5–10 menit untuk meningkatkan aliran darah, melemaskan otot-otot, dan mencegah cedera.

Akhiri sesi senam dengan melakukan pendinginan selama 5–10 menit.

Usahakan untuk rutin melakukan senam jantung sehat, setidaknya selama 30 menit sebanyak 5 kali seminggu.

Putar musik yang disukai dan ajaklah teman maupun anggota keluarga lain agar senam jantung sehat jadi lebih menyenangkan.

Setelah kamu melakukan senam,lakukanlah istirahat secukupnya sembari kamu dapat membaca profil tentang Kenny Austin.

Selain gerakan senam jantung sehat yang telah disebutkan di atas, lakukan dengan rutin, aktivitas fisik yang santai selama 30 menit sehari, seperti berjalan cepat, menaiki tangga, bersepeda, atau berenang, juga bisa memberikan manfaat besar pada kesehatan jantung.

Bila bingung melakukan olahraga sendirian, bisa mencoba mengikuti kelas aerobik, seperti kelas senam zumba, atau dari internet secara gratis. Senam yang dapat menyehatkan jantung termasuk gerakan aerobik dikombinasikan dengan tari salsa.

Jika masih baru mulai berolahraga atau sudah lama tidak melakukan olahraga rutin, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum memulai sesi senam jantung sehat, terlebih jika sedang mengalami diabetes, hipertensi, penyakit jantung, paru-paru, dan radang sendi.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.