Jenis Alat Untuk Latihan Yoga

Taukah kamu? Yoga merupakan salah satu olahraga yang sangat diminati Caitlin halderman dan oleh banyak orang, khususnya bagi kaum hawa.

Hal ini bukannya tak beralasan. Yoga dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang tergolong low impact atau memiliki intensitas rendah.

Selain itu, yoga merupakan jenis olahraga yang sangat dianjurkan bagi mereka yag masih pemula dalam dunia olahraga, orang yang mengalami berat badan lebih, yang sedang hamil, atau sedang mengalami cedera saraf atau tulang.

Yoga memang masuk dalam kategori olahraga low impact, namun jangan salah, yoga juga membawa segudang manfaat bagi tubuh.

Olahraga yang menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan pose ini memang dirancang untuk relaksasi, mengurangi stres dan meredakan ketegangan otot.

Tak hanya sampai disitu saja, rutin melakukan olahraga yoga juga akan membantu membentuk postur tubuh, melatih pernafasan serta melatih pikiran untuk fokus.

Biasanya, latihan yoga aman memerlukan sebuah media, lantas apa saja jenisnya? Penasaran? yuk simak penjelasan berikut ini.

Peralatan Untuk Yoga

1. Matras Yoga

Jenis Alat Untuk Latihan Yoga

Salah satu alat yang cukup dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas yoga adalah matras. Media ini tentu akan membantu kalian supaya lebih nyaman dalam berlatih yoga.

Selain guna memberi kenyamanan saat latihan, matras juga berfungsi untuk menahan tubuh dari benturan langsung dari lantai dan meminimalisir risiko dari tergelincir.

Umumnya jenis matras ada banyak, tergantung dengan olahraga apa yang kamu lakukan. Nah, untuk jenis olahraga yoga, maka ada baiknya jika kamu memilih bahan yang terbuat dari 100% bahan karet.

Hal ini disebabkan karena pada umumnya, jenis matras ini mendapat sebutan eco friendly yoga mat karena tidak mencemari lingkungan dengan sifat 100% bio-degradable.

2. Pakaian Olahraga Yoga

Jenis Alat Untuk Latihan Yoga

Tak hanya matras saja, pakaian olahraga juga diperlukan disini, sebaiknya kamu memilih pakaian yang tepat sebelum melakukan latihan yoga.

Hal ini bertujuan agar kamu tetap akan merasa nyaman saat melakukan beberapa gerakan yoga tertentu. Apabila sampai salah kostum, bisa jadi pernafasan kamu terganggu lho.

Untuk itu, pastikan kamu memilih pakaian pas dan tidak terlalu kendur. Sebisa mungkin agar kamu mau menghindari penggunaan celana kolor atau atasan dengan leher yang longgar karena akan mengganggu pernafasan saat olahraga yoga. Sebaliknya, kenakan celana dan kaos berbahan katun yang elastis agar nyaman saat melakukan olahraga yoga.

3. Gym Ball

Jenis Alat Untuk Latihan Yoga

Media berikutnya yang tak kalah penting dan berguna saat melakukan latihan olahraga yoga adalah Gym Ball, yakni sebuah media yang berfungsi untuk membentuk otot.

Gym Ball memiliki bentuk yang bulat dengan ukuran yang cukup besar, sehingga dapat menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang seimbang.

Selain itu, gym ball biasanya dimanfaatkan untuk melatih otot perut dan kelenturan tubuh. Untuk dapat mempergunakan gym ball ini, lakukan pemanasan terlebih dahulu dan selalu ikuti instruksi dari instruktur yoga.

4. Yoga Strap

Jenis Alat Untuk Latihan Yoga

Alat yoga berikutnya yang sering dibutuhkan adalah yoga strap, yakni sebuah alat yang dapat diigunakan untuk membantu kamu agar lebih fleksibel dalam melakukan beberapa posisi duduk dalam yoga (sitting pose)

Dengan tali pendukung ini, kalian bisa menyempurnakan postur, karena strap bisa membantu menahan posisi tangan dan kaki supaya tidak berubah.

5. Yoga Blocks

Jenis Alat Untuk Latihan Yoga

Alat berikutnya yang dapat kalian gunakan untuk latihan yoga adalah Yoga Blocks. Alat ini akan sangat berguna dan membantu kalian dalam menguasi beberapa jenis pose tertentu.

Kamu juga dapat memilih jenis blok beserta berat yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu. Biasanya blocks ini terbuat dari busa tebal (foam), serpihan kayu (cork), dan kayu (wooden).

Selain jenis bahannya, yang membedakan adalah berat (kg) dari yoga blocks tersebut. Semakin berat, maka akan semakin stabil yoga blocks sebagai support saat olahraga yoga.

Demikian artikel jenis alat untuk yoga & kamu juga dapat membaca sekilah profil tentang Kenny Austin, selamat membaca.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.