Manfaat Yoga Vinyasa, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood

Manfaat Yoga Vinyasa, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood

Vinyasa yoga merupakan salah satu gaya yoga yang cukup popular dikalangan para pecinta yoga dan sudah banyak di praktekkan di beberapa studio yoga yang ada di Barat saat ini.

Biasanya, latihan yoga yang satu ini akan menghubungkan pose individu atau yang disebut dengan “asana” dengan memanfaatkan napas bagian dalam atau yang dikenal dengan istilah "pranayama" dalam rangkaian gerakan yang mengalir.

Jika diartikan menurut bahasa Sansekerta, maka Vinyasa sendiri memiliki makna yang khusus, sebagaimana disampaikan oleh Donna Noble, instruktur yoga yang berbasis di London dan pendiri Curvesome Yoga.

Ia berpendapat bahwa "Secara harfiah, Vinyasa dapat didefinisikan sebagai penempatan yang disengaja (dan mengatur) gerakan dengan cara yang sacral”.

Jenis senam yoga yang satu ini ternyata juga memiliki bebera manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari segi mental, fisik hingga spiritual.

Untuk penjelasan lebih lanjutnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Vinyasa Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Yoga Vinyasa, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood

1. Bantu Tingkatkan Mood

Manfaat yoga vinyasa yang pertama adalah diyakini dapat mengatasi masalah mood yang cenderung tidak dalam kondisi yang baik.

Mesipun gerakan yoga ini tergolong kedalam gerakan yang cukup cepat, akan tetapi Vinyasa yoga tetap diyakini sebagai gerakan yang mampu menenangkan suasana hati karena berfokus pada penggunaan napas untuk membimbing Anda.

Hal ini sejalan dengan hal yang disampaikan oleh Noble, "Ketika Anda belajar bagaimana menumbuhkan kesadaran akan napas dan gerakan Anda di kelas, Anda dapat membawa keahlian itu ke dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk meningkatkan perasaan damai, tenang dan bahagia”.

2. Dapat Memperkuat Otot

Manfaat yoga vinyasa uyang berikutnya adalah ternyata dapat dimanfaatkan untuk menguatkan otot. Secara umum, gerakan ini akan lebih menenkankan gerakan saat transisi, dan sebagian besar pose dalam yoga Vinyasa akan diadakan setidaknya sekali selama 30 hingga 120 detik.

Nah, apa bila seseorang sudah dapat menempatkan tubuh pada posisi ini, maka ia akan dapat membuat otot  dapat bekerja lebih maksimal dari biasanya.

Hal ini sejalan dengan pendapat seorang spesialis olahraga dan pengkondisian bersertifikat (CSCS) dan pendiri Movement Vault, Grayson Wickham, DPT  “Semakin lama Anda memegang posisi, semakin besar kerusakan otot,".

Biasanya, apa bila  kerusakan yang terdapat pada otot semakin besar, maka pertumbuhan pada otot kalian akan semakin cepat ketika menjalani istirahat dan pemulihan.

Nah, dengan cara inilah, yoga vinyasa ini akan membantu meningkatkan kekuatan serta pertumbuhan yang ada pada otot.

3. Sebagai Olahraga Kardio yang Baik

Manfaat yoga Vinyasa yang berikutnya adalah ternya dapat dimanfaatkan menjadi salah satu alternatif yang dapat membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Biasanya orang yang melakukan gerakan yoga ini akan diawali dengan Savasana, alias pose Corpse, dimana ketika kalian melakukannya kalian tidak akan berhenti.

Biasanya semakin bertambahkan kecepatan gerakan yoga, sejumlah kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar dan cenderung sangat ideal untuk latihan kardiovaskular intensitas rendah.

Apabila ternyata kalian sudah sering dan juga terbiasa dalam melakukan beberapa jenis kardio seperti berlari, bersepeda, dan berenang, yoga Vinyasa mungkin tidak akan meningkatkan detak jantung Anda sebanyak biasanya.

4. Dapat Meningkatkan Mobilitas

Manfaat yoga Vinyasa yang berikutnya adalah ternyata mampu meningkatan mobilitas yang ada di dalam tubuh.

Wickham berpendapat bahwa “Hampir 90 persen orang yang datang ke kantor saya karena cedera bisa mencegah cedera itu dengan beberapa pekerjaan mobilitas,".

"Vinyasa yoga mendorong orang untuk menggerakkan persendian mereka melalui berbagai gerakan penuh, dan untuk mengembangkan kekuatan pada posisi tersebut, yang merupakan resep sempurna untuk meningkatkan mobilitas," tambahnya.

Selain itu, Wickham juga berpendapat  jika dengan meningkatnya mobilitas pada tubuh, maka tubuh akan lebih leluasa dalah melakukan pergerakan dan dapat mengurangi resiko terjadinya cedera.

5. Dapat Membantu Terapi Berhenti Merokok

Manfaat gerakan Vinyasa yang berikutnya adalah dapat membantu membuat seseorang berhenti untuk merokok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata, peserta dalam kelompok yoga tidak merokok lebih lama daripada mereka yang tidak melakukan yoga. Para wanita dalam program yoga juga melaporkan tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah dibandingkan rekan-rekan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

7 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan yang Bisa Dilakukan di Rumah