Manfaat Penting Senam Gymnastik Untuk Anak

 

Gymnastic berarti gerak badan atau olahraga baik untuk kebugaran jasmani maupun untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya. Gymnastic adalah istilah dalam cabang olah raga, terutama senam lantai dan senam artistik.

Gymnastic adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan fisik, mental, dan sosial anak. Olahraga ini sangat cocok untuk si kecil yang suka berlari, melompat, atau memanjat sembari mendengarkan musik atau lagu chord pingal.

Manfaat Senam Gymnastik Anak

Berikut beberapa manfaat senam gymnastik anak yang harus anda ketahui.

1. Mendukung Kesehatan Anak

Menurut kata dokter, salah satu manfaat yang didapatkan anak dari mengikuti senam gymnastic adalah tubuh lebih bugar dan sehat. Latihan senam gymnastik secara teratur dapat membantu anak mengembangkan koordinasi fisik.

Latihan senam juga dapat mencegah penyakit jangka panjang pada anak, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, ataupun pengeroposan tulang.

2. Membangun Koordinasi Pikiran dan Tubuh

Manfaat gymnastik anak pra-sekolah adalah membantu membangun koordinasi pikiran dan tubuh. Anak-anak yang sudah berlatih gymnastik sebelum masa sekolah dapat mengembangkan fokus yang jauh lebih baik dibanding anak yang tidak berkegiatan ini.

3. Mengembangkan Otot dan Tulang Sehat

Manfaat senam gymnastik anak lainnya adalah mendorong pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat. Jadi, anak terhindar dari masalah tulang di masa tuanya nanti.

Melakukan latihan gymnastik juga dapat melatih otot motorik, kekuatan otot, dan keseimbangan tubuh anak,” jelasnya.

4. Belajar Bersosialisasi

Keterampilan sosial memang dapat muncul secara alami. Namun, mempelajari cara bersosialisasi sebenarnya membutuhkan latihan. Orangtua dapat mendukung anak dalam mengembangkan kemampuan bersosialisasinya dengan mendaftarkan kelas senam gymnastic.

Kelas senam gymanastik anak tepat bagi anak-anak untuk belajar berinteraksi dengan teman-teman seusianya. Anak juga akan belajar bekerja sama dengan orang lain.

5. Mengembangkan Sportivitas

Latihan gymnastik juga banyak melibatkan kerja sama kelompok. Oleh karena itu, olahraga ini dapat mengajarkan anak mengembangkan sportivitas dan hubungan positif dengan teman-temannya.

6. Membangun Kedisiplinan

Disiplin merupakan salah satu kunci penting dalam latihan senam atau gymnastik. Anak harus melakukan gerakan fisik sesuai jadwal demi melatih tubuh atau meraih prestasi dalam pertandingan. Dalam proses inilah si kecil cerdas belajar pentingnya fokus, dedikasi, dan kerja keras.

7. Membangun Kepercayaan Diri

Saat pertama kali melakukan olahraga gymnastik, wajar bila anak mengalami kegagalan. Namun, dari kegagalan itu orangtua harus menyemangati anak agar terus berlatih. Lama-kelamaan, keyakinan dan kepercayaan diri anak akan terbentuk. Senam gymnastik anak dapat membantu sekecil mendapatkan kepercayaan diri untuk mencoba hal-hal baru.

8. Membantu Anak Fokus pada Tujuan

Dalam latihan gymnastic anak, ada tahapan yang perlu dilalui untuk menguasai gerakan tertentu. Bila anak mengikuti aktivitas ini, ia akan terlatih untuk fokus pada instruksi pelatih demi mencapai target.

Disamping iut anak juga dapat belajar bagaimana mengelola stres dengan baik dan tetap tenang di bawah tekanan latihan.

9. Lebih Bahagia

Olahraga gymnastik dapat membantu anak memiliki jiwa yang sehat. Kegiatan olahraga termasuk gymnastik dapat membantu tubuh melepaskan endorfin atau zat kimia untuk menciptakan rasa bahagia.

So, tidak perlu ragu mengajak anak berolahraga gymnastik. Manfaatnya banyak dan penting untuk tumbuh kembang si kecil.

Demikianlah manfaat penting senam gymnastik anak yang perlu dipertimbangkan oleh orang tua dalam pembentukan fisik, mental dan daya pikir si kecil & kamu juga dapat membaca sekilas profil tentang Kenny Austin, Terimakasih

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.