Tips workout ala anak kost, hemat dan bugar

 


Sebagai anak kos yang mandiri, kamu juga dituntut untuk bisa menjaga kesehatan. Sebelum muncul penyakit yang tidak diinginkan, lebih baik mencegahnya dengan rutin melakukan workout. Mulanya memang melelahkan. Namun demikian, jika dilakukan secara rutin, workout berfungsi untuk menambah stamina tubuh. 

Bagi para pemula dan orang jarang olahraga, workout merupakan sebuah aktivitas yang sulit direalisasikan. Hambatan utamanya adalah mager dan tidak ada waktu. Pada kali ini kami akan memberikan rekomendais workout yang cocok untuk anak kos. Lanatas apasajak itu? yuk simak ulasan dibawah yah!

1.Naik-turun tangga kampus

Ide naik-turun tangga di gedung kampus bisa kamu terapkan saat sedang kuliah. Selain bugar, kamu pun tidak perlu mengeluarkan uang.

Gerakan ini berfokus pada otot-otot kaki. Selain itu, olahraga ini juga membantu pengaturan napasmu. Jika di kampusmu ada lift, jangan manfaatkan lift tersebut

2. Jogging di sekitar kos atau kampus.

Jogging di sekitar kampus setelah selesai kuliah juga merupakan ide yang menarik. 

Workout jenis ini diketahui dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Dengan melakukan jogging, otomatis sirkulasi darah dan oksigen pun bisa berlangsung ke seluruh tubuh. 

Kamu tidak perlu workout setiap hari, cukup 3—4 kali saja dalam seminggu. Supaya lebih bersemangat, kamu bisa cari partner workout. Untuk waktunya, sesuaikan lahdengan jadwal kuliahmu

3.Workout angkat beban dengan barang-barang yang ada di kamar kos

Jika kamu punya dumbbell di kos, silakan dimanfaatkan. Tidak perlu lama-lama, minimal lakukan workout ini selama 30 menit dalam sehari. 

Sementara jika tak punya, Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di kamar kos untuk diangkat, seperti galon, tas berisi buku-buku, perabotan kos, dan sebagainya. Hal yang harus kamu perhatikan ialah jangan sampai kamu salah posisi saat sedang mengangkat beban. Posisi yang salah akan mengakibatkan cedera. 

4. Workout from home menggunakan video online

Workout from home ini berguna banget buat kalian anak kos yang mager keluar kamar. Ada banyak pilihan video workout di berbagai platform online. Jenisnya juga bermacam-macam mulai dari stretching simple, aerobic, zumba, dan sebagainya.

Videonya juga bisa kamu.  sesuaikan dengan bagian-bagian yang ingin kamu latih, misalnya full body, upper body, dan juga lower body. Tersedia pula gerakan-gerakan untuk pemula dan juga gerakan bagi kamu yang sudah sering berolahraga. Kamu tinggal mengikuti durasi yang telah mereka rancang.

5.Bersepeda keliling kompleks kos

Kalau kamu sedang burnout atau stres dengan tugas kuliah, kamu bisa keluar kamar dan menikmati pemandangan sambil bersepeda. Bisa juga kamu ajak sahabat atau gebetanmu untuk gowes bareng. 

Gerakan mengayuh sepeda tentunya bermanfaat untuk melatih otot kaki dan paha. Selain itu, juga berguna bagi kesehatan sistem kardiovaskular

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.