4 Gerakan Senam Mata Dasar Untuk Mata Lelah

Pernahkah kah kamu memicingkan dan menggosok mata setelah berjam-jam berkutat di depan layar kompuer? Jika iya, kamu tak sendiri. Mata terasa panas terbakar, kering atau berair, penglihatan kabur, gatal, dan lelah. Belum lagi ditambah dengan rasa sakit di daerah leher, bahu, dan punggung. Ini adalah gejala mata lelah yang umum terjadi, tetapi jarang serius. 

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa seanam mata dasar untuk membantu kamu mengatasi keluhan mata lelah. 

Lantas apasajakah itu? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

1. Sauna telapak tangan

Gerakan senam mata yang pertama adalah gosok kedua telapak tangan bersama-sama sampai terasa hangat. Letakkan kedua tangan kamu dengan lembut untuk menutupi kedua mata. Tempatkan ujung-ujung jari di dahi, telapak tangan tepat di atas mata, dan tumit tangan bertumpu pada pipi.

Jangan langsung menyentuh bolah mata, namun berikan sedikit ruang antara tangan dan bola mata. Meski begitu, jangan pula terlalu longgar. Pastikan kedua tangan tetap berfungsi sebagai tirai untuk menciptakan kegelapan di depan mata. Tutup mata Anda, bernapas dalam-dalam, dan rileks.

Lemaskan mata dan nikmati waktu istiirahat dari stimulasi visual ini. Teruskan hingga kamu merasa baikan. Saat siap untuk membuka mata, perlahan lepaskan "tirai” telapak tangan dan buka kedua mata. Hal ini dilakukan supaya mata tidak kaget akan kondisi pencahayaan yang berubah.

2. Memutar mata

Kamu bisa memutar-mutar mata mu untuk mengatasi mata yang lelah. Caranya, duduklah tegap, dengan pisisi tulang belakang memanjang dan bernapas lah santai.

Lembutkan padanganmu dengan melemaskan otot-otot mata dan wajah. Arahkan pandangan ke langit-langit. Secara perlahan, gerakkan mata memutar searah jarum jam, seolah menggambar sebuah lingkaran sebesar mungkin.

Perlahan, fokuskan pandangan pada obyek-obyek di sekitar jarak pandang selama kamu melakukan putaran ini. Laukan senam ini terus sampai gerakan mata terasa halus dan lancar. Ulangi tiga kali, tutup mata, dan rileks. Ketika kamu siap, ilangi gerakan mata  dari awal hingga tiga kali dengan arah  yang berlawanan.

3. Lihat jarak jauh

Senam mata untuk mengatasi mata lelah juga bisa Anda lakukan dengan menggonta-ganti fokus penglihatan. Setelah berjam-jam berhadapan dengan layar, istirahatkan pandangan Anda sejenak ke sebuah objek yang jauh. Apabila Anda di dalam ruangan, alihkan pandangan ke luar jendela, jika memungkinkan.

Berfokuslah pada objek tersebut sejelas mungkin sambil tetap menjaga mata dan wajah rileks. Ambil napas dalam-dalam, kemudian perlahan geser pandangan kamu ke sebuah objek yang dekat dengan kamu.

Bayangkan mata kamu seolah menelan gambar yang kamu lihat. Setelah itu, pindahkan lagi pandangan ke jarak jauh yang lebih bervariasi sambil sementara berhenti sejenak.

4. Pijat wajah

Tak hanya senam mata, teknik pijat tertentu juga bisa membantu kamu mengatasi mata lelah.

Perlahan pijat dahi kamu dan sepanjang kedua alis juga daerah bawah mata dengan ujung-ujung jari. Pijat relaksasi wajah ini dapat membantu meringankan tekanan di otot wajah dan mata.


Demikianlah beberapa senam mata dasar untuk membantu kamu mengatasi dan menjaga kesehatan mata. Semoga ulasan ditas bermanfaat yah!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.