Mengenal Beberapa Jenis Minuman Olahraga Beserta Fungsinya

Tubuh akan mengeluarkan banyak cairan saat berolahraga sehingga kamu perlu mengonsumsi minuman olahraga minuman ini dianggap dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.  Ada beberapa jenis minuman olahraga yang dapat kamu minum. Apasajakah itu? Penasarankan? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Pengertian minuman olahraga

Minuman olahraga (Sport drink) merupakan jenis minuman yang diklaim bisa mengisi kembali glukosa, cairan dan elektrolit yang hilang selama olahraga. Beberapa produsen juga mempromosikan minuman-minuman ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sejumlah brand minuman yang cocok diminum setelah pemanasan berolahraga ini memiliki kandungan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Namun, minuman olahraga berbeda dengan minuman energi. Minuman olahraga mengandung karbohidrat dalam bentuk gula, seperti glukos, sirup jagung atau sukrosa. Beberapa mungkin tidak mengandung gula, namun digantikan dengan pemanis buatan rendah kalori.

Kandungan gula dan ekeltrolit dalam minuman ini memainkan peran penting dalam meningkatkan hidrasi dan penyerapan energi yang cepat. Kegunaan tersebut dibutuhkan jika kamu melakukan latihan intensitas tinggi yang berlangsung lebih dari satu jam

Kandungan minuman olahraga

- Karbohidrat

- Elektrolit

- klorida

- Protein

- Kalsium

- Mgnesium

- Vitamin E

- Vitamin C

 

Jenis minuman olahraga

Umumnya, ada tiga jenis minuamn olahraga yang dijual dipasaran. Ketiga miniuman tersebut mengandung cairan, elektrolit dan karbihiidrat dengan jumlah yang berbeda-beda.

1. Isotonik

Isotonik adalah salah satu jenis minuman olahraga yang mengandung konsentrasi garam dan gula yang mirip dalam tubuh.

Minuman isotonik diklaim bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat dan menyediakan energi tambahan untuk tubuh.Namun, penyerapan kandungan dalam isotonik jauh lebih lambat dibandingkan sorts drink lainnya.

Isotonik menjadi jeniss sports drink yang sangat populer, terutama untuk atlet sebelum memulai latihan dengan durasi yang cukup panjang.

2. Hipertonik

Hipertonik mengandung jumlah  karbohidrat yang paling tinggi dibandingka sports drink lainnya. Berkat kandungan tersebut, minuman olahraga ini dapat meningkatkan konsentrasi zat yang terlarut dalam tubuh.

Mengingat jumlah karbohidratnya yang cukup tinggi, minuman hipertonik dapat meningkatkan kemudain aliran air di dalam usus sehingga melancarkan pencernaan.

Para atlet biasanya mengonsumsi hipertonik setelah latihan guna memenuhi kebutuhan karbohidrat harian dan meningkatkan cadanagn glikogen pada oto..

3. Hipotoni

Minuman kesukaan Song Kang ini mengandung lebih sedkit karbohidrat. Untuk itu,minuman ini biasanya dikonsumsi oleh orang yang memerlukan banyak cairan saat olahraga tapi tidak membutuhkan tambahan kalori yang besar. 

Beberapa ahli juga melaporkan bahwa hipotonik cenderng mudah diserap oleh tubuh manusia dibanding isotonik. Oleh sebab itu, banyak atlet yang mengonsumsi minuman ini ketika berolahraga, terutama pada atlet gimnastik. 

Demikianlah beberapa jenis minuman olahraga yang dapat kamu konsumsi. Semoga ulasan diatas bermanfaat! Kamu dapat meminum minuman diatas setelah melakukan olahraga yah!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.