Manfaat Bersepeda Rutin Bagi Kesehatan Tubuh


Olahraga merupakan gerakan badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Salah satunya bentuk olahraga yang sedang naik daun belakangan ini, yaitu bersepeda. Kemudahannya ketika digunakan dan siapa saja bisa menggunakannya (tanpa memandang jenis kelamin, usia, umur) menjadi alasan bersepeda digemari banyak orang.

Selain sebagai bentuk olahraga, bersepeda merupakan moda transportasi yang bisa digunakan untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lain, contohnya ketika pergi bekerja atau menuju sekolah. selain itu, kamu juga dapat membaca biodata Teguh Suwandi dan manfaat buah erbis.

Bersepeda menggunakan tenaga dengan cara membakar kalori tubuh, kemudian menghasilkan keringat di tubuh kita. Sebenarnya apa saja sih manfaat bersepeda? Simak dibawah ini!

Manfaat Bersepeda

Meningkatkan kekuatan otot

Ketika bersepeda, kita akan mengayuh pedal agar tetap seimbang dan tidak jatuh. Hal ini sangat  bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Otot-otot lengan dan kaki kita akan untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Mengontrol berat badan

Manfaat lain dari bersepeda yaitu dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal. Bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme.

Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah menurun sehingga berefek positif penderita tekanan darah tinggi.

Menurunkan risiko depresi

Bersepeda memiliki manfaat bagi kesehatan mental, salah satunya menurunkan risiko depresi. Bersepeda secara rutin membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia, menurunkan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan lain.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari bersepeda adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Imun tubuh yang kuat tentu membuat kita jadi lebih sehat dan tidak gampang terserang penyakit.

Menstabilkan diabetes

Duduk terlalu lama dan kurangnya aktivitas fisik bisa menjadi faktor penyebab munculnya diabetes. Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik bisa menimbulkan komplikasi serius seperti kerusakan ginjal, mata, stroke dan jantung.

Membantu mengatasi insomnia

Tidur nyenyak membuat tubuh dan pikiran kita bisa beristirahat setelah seharian beraktivitas. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi mereka yang menderita insomnia. Akibatnya kurang tidur sendiri bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan mengganggu metabolisme tubuh. Nah, jika kamu sering mengalami insomnia, kamu bisa mencoba dengan rajin bersepeda dan membuat jadwal tidur di waktu yang sama setiap harinya.

Mencegah risiko darah tinggi

Manfaat bersepeda bagi tubuh lainnya yaitu bisa membantu menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Science Medicine menyebutkan bahwa olahraga dengan intensitas tertentu bisa memperbaiki tekanan darah. Olahraga ini juga dapat memberpaiki kesehatan sirkulasi darah.

Memelihara kesehatan sendi

Manfaat bersepeda selanjutnya yaitu bisa membantu menjaga kesehatan sendi. Olahraga ini juga aman bagi penderita nyeri sendi dan kaku tubuh bagian bawah karena faktor usia. Bersepeda dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak akan membebani sendi. Sebab ketika bersepeda, berat badan bertumpu pada tulang panggul. Berbeda dengan olahraga jogging yang bertumpu pada kedua kaki sehingga lebih berisiko menyebabkan cedera.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

7 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Manfaat Yoga Vinyasa, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood