Manfaat Olahraga Renang bagi Kesehatan


Berenang merupakan salah satu olahraga yang cukup popular dan diminati, terlebih manfaat olahraga renang juga cukup banyak bagi kesehatan tubuh, mental serta kebugaran jasmani.

Salah satu manfaat berenang adalah melatih otot tubuh hingga menghilangkan stress dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang gemar berenang namun belum mengetahui apa manfaat berenang, yuk simak artikel berikut ini.

Manfaat Berenang bagi Tubuh dan Mental

Selain meningkatkan metabolisme, renang diketahui dapat membantu memperbaiki masalah postur tubuh sekaligus melatih ketahanan otot. Namun, tidak hanya sampai disitu, ada beberapa manfaat berenang yang tak boleh terlewatkan, karena bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga mental. 

Membangun Massa Otot


Manfaat renang yang pertama adalah membangun massa otot, hal ini karena dalam gerakan renang, hampir seluruh otot tubuh bergerak melawan tekanan air.

Dari situlah, kekuatan dan kelenturan massa otot tubuh terlatih. Renang juga baik dilakukan untuk mengecilkan betis dan membuatnya lebih kencang.

Menurunkan Berat Badan


Selanjutnya, manfaat berenang adalah menurunkan berat badan. Diketahui bahwa berenang selama satu jam mampu membakar sekitar 400-700 kalori, tergantung pada intensitas renang yang dilakukan.

Nah, bagi Anda yang sedang dalam masa diet dan ingin menurunkan berat badan lebih cepat, maka bisa menjadikan renang sebagai pilihan olahraga rutin. 

Selain itu, manfaat berenang bagi tubuh adalah mengurangi jaringan lemak di perut sehingga dapat membantu mengecilkan perut.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-paru


Meski tidak seberat ketika Anda berlari atau senam aerobik, namun manfaat berenang adalah setara dengan olahraga kardio lainnya.

Jenis olahraga ini akan membantu melancarkan aliran oksigen dan darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. 

Hal tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa perenang cenderung mempunyai paru-paru lebih sehat dibandingkan atlet lain.

Mengendalikan Stres 


Tidak hanya untuk kebugaran jasmani saja, tetapi yang dapat Anda peroleh dari manfaat berenang adalah kesehatan mental.

Pasalnya, berenang terbukti mampu memperbaiki suasana hati serta menurunkan risiko stres dan depresi. Selain itu, manfaat renang juga dapat memperlambat demensia hingga penurunan fungsi berpikir.

Bagi pengidap gangguan kecemasan dan depresi, renang diketahui dapat membantu mengurangi gejala stres dan membuat pikiran lebih tenang jika dilakukan secara rutin.

Mengatasi Saraf Kejepit


Saraf kejepit merupakan kondisi yang cukup mengganggu dan dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Akibatnya, pengidap saraf kejepit tidak bisa banyak bergerak dan lebih sering beraktivitas di tempat tidur, di mana hal ini justru dapat melemahkan otot.

Nah, salah satu manfaat berenang adalah untuk mengatasi saraf kejepit. Gerakan dalam renang dapat membuat tulang belakang dan otot-otot punggung lebih rileks.

Anda dapat berkonsultasi dengan pelatih atau dokter guna mendapatkan saran mengenai gaya berenang yang tepat. 

Demikianlah beberapa manfaat olahraga renang bagi tubuh.Kamu juga dapat membaca sekilas profil tentang Kenny Austin ya guys !

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.