Manfaat Olahraga Lari bagi Tubuh


Lari menjadi salah satu olahraga yang paling diminati semua kalangan baik anak-anak, remaja hingga orang tua.

Selain sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya, manfaat olahraga jenis ini cukup banyak salah satunya yaitu membakar lemak. Leri merupakan olahraga kategori kardiovaskular yang sempurna.

Dalam olahraga lari, waktu yang paling tepat dilakukan saat pagi hari karena tubuh akan mendapatkan kualitas udara serta oksigen yang baik bagi sistem pernafasan kita.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga lari bagi kesehatan tubuh, yuk simak!

Mencegah Obesitas


Lari dapat menjadi solusi terbaik bagi kamu yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin, maka lemak-lemak yang ada dalam tubuh kamu dapat hilang secara perlahan. Lari merupakan cara sehat dan alami dalam melakukan diet.

Meningkatkan Stamina


Dalam melakukan olahraga lari, dapat dipercaya meningkatkan stamina tubuh. Faktanya, jika melakukan olahraga lari secara rutin justru akan membuat tubuh bugar dan stamina membaik. Hal ini dikarenakan aliran darah akan tersuplai baik ke seluruh tubuh dan membuat kamu sehat.

Meningkatkan Kualitas Tidur


Dengan rutin berolahraga lari, kamu akan memiliki kualitas tidur yang baik. Penelitian membuktikan jika seseorang rutin melakukan olahraga saat pagi hari menunjukkan peningkatan tidur yang lebih nyenyak dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak berolahraga.

Olahraga diketahui dapat memicu peningkatan suhu tubuh dan pada saat penurunan suhu setelah olahraga, kamu akan merasa mengantuk.

Mengatasi Stress


Stress kerap kali muncul akibat masalah yang dihadapi, mulai dari masalah pekerjaan, keluarga, dan lainnya. Olahraga ini bisa menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang sedang mengalami banyak pikiran.

Dengan melakukan olahraga lari, kamu dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan resiko depresi juga mempu merubah mood.

Menyehatkan Jantung


Ketika anda berlari, detak jantung akan berdegup lebih kencang dari biasanya. Hal ini menandakan bahwa jantung sedang dilatih agar lebih kuat memompa darah keseluruh tubuh.

Selain itu, oksigen akan mengalir bersama darah dan dipompa oleh jantung keseluruh tubuh. Sirkulasi darah yang lancar dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang dapat membuat jantung kamu sehat.

Baca juga: olahan semangka

Meningkatkan Memori


Menurut penelitian mengatakan bahwa dengan rutin berolahraga lari dapat meningkatkan ukuran hippocampus. Hippocampus ini adalah area otak yang terlibat dalam memori verbal dan kognitif, dengan kata lain, melakukan olahraga lari dapat meningkatkan ingatan agar dapat bekerja lebih baik.

Mengurangi Resiko Stroke


Dengan berlari, kamu akan menurunkan resiko pengumpalan darah sehingga dianggap bermanfaat untuk mengurangi resiko kematian akibat stroke.

Baca juga: bahaya vape atau rokok

Memperkuat Otot Kaki


Manfaat selanjutnya yang didapat ketika berlari adalah meningkatkan fungsi dan kekuatan otot kaki. Dengan berlari, otot kaki akan semakin fleksibel bergerak sehingga dapat menambah massa otot kaki.

Nah, itulah sekilas manfaat dari olahraga lari,kamu juga bisa membaca sekilas profil tentang Kenny Austin loh guys, semoga bermanfaat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

7 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Manfaat Yoga Vinyasa, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood