Beberapa Gerakan Menambah Berat Badan


Banyak alasan orang ingin menambah berat badan, mulai dari tubuh yang terlalu kurus sehingga ingin memperbaiki penampilan.seperti tubuh indah yang dimiliki aktor Kenny Austin. Namun, cara menaikkan berat badan yang tepat bukan hanya soal makan lebih tetapi butuh berolahraga dan menjaga kebugaran jasmani juga.

Bagi kamu yang kurus atau underweight ingin menaikkan berat badan, apakah kamu berpikir untuk memperbanyak porsi makan? Jika kamu berpikir seperti itu maka sebenarnya kamu berpikir kurang tepat, karena menambah berat badan dengan memperbanyak porsi makan justru tidak sehat.

Jika kamu menambah berat badan dengan cara memperbanyak makan melebihi porsi normal, justru berat badanmu akan bertambah dengan cara tidak sehat, sebaiknya kamu ikuti beberapa jenis olahraga berikut ini yang dipercaya dapat menaikkan berat badan.

Push Up


Gerakan push up ternyata bisa menambah berat badan. Dengan melakukan push up, maka kamu akan membentuk otot tubuh bagian atas dan menambah berat badanmu.

Gerakan tubuh ini tentu sudah sangat kamu pahami, karena mungkin kamu pernah melakukannya atau bahkan sering. Yang terpenting adalah pastikan gerakan push up yang kamu lakukan benar. Kamu bisa mengulangi gerakan ini beberapa kali sesuai kemampuan tubuhmu.

Tricep Dips



Jenis olahraga selanjutnya adalah tricep dips. Olahraga ini bertujuan untuk membentuk otot lengan dan juga bahu, dengan demikian berat badan kamu akan bertambah.

Beberapa gerakannya yaitu, kamu harus duduk di ujung kursi, kemudian kamu cengkeram sisi atau bagian samping kursi dengan sangat kuat. Setelah itu buka kakimu selebar pinggul dan rentangkan ke depan. Gunakan kekuatan tangan untuk mengangkat tubuhmu melewati ujung kursi agar tubuhmu dalam posisi melayang.

Selanjtnya, turunkan tubuhmu secara perlahan hingga posisi siku membentuk sudut 45 sampai 90 derajat. Kemudian silahkan dorong tubuhmu ke atas sampai kedua lenganmu lurus. Kamu dapat mengulangi gerakan ini setiap hari sebanyak 3 kali dengan durasi 10 detik pergerakan.

Pull Up


Bodyweight exercise yang satu ini dilakukan dengan memanfaatkan palang tumpuan seperti kerangka pintu rumah atau kosen. Otot yang akan terbentuk dari olahraga untuk menambah berat badan ini adalah otot pada bagian bawah lengan dan bahu.

Adapun cara melakukan gerakan ini adalah pertama pegang palang tumpuan yang posisinya lebih tinggi dari tubuh anda dengan kedua tangan. Posisikan lengan kamu kurus selebar bahu. Kemudian pastikan tubuh kamu berada dalam posisi menggantung dan kaki tidak menyentuh lantai. Angkat tubuh ke atas hingga dagu berada di atas palang tumpuan dan yang terakhir turunkan tubuh secara perlahan hingga lengan kembali lurus.

Gerakan ini dapat kamu ulangi sebanyak yg diinginkan dan sesuai dengan ketahanan tubuhmu.

Umbbell Shoulder Squat


Tiga olahraga untuk menambah berat badan di atas dilakukan hanya dengan memanfaatkan beban tubuh, tetapi shoulder squat dilakukan dengan bantuan alat, yaitu dumbbell. Gerakan ini bertujuan untuk memperkuat otot paha depan, paha belakang, pinggul, dan bahu.

Berikut ini adalah teknik melakukan dumbbell shoulder squat:

  • Pegang dumbbell di kedua tangan lalu tekuk siku sehingga dumbbell berada di atas bahu.
  • Buka kaki selebar pinggul dengan tumit sebagai tumpuannya.
  • Pertahankan posisi dada agar tetap tegak dan kencangkan bagian perut.
  • Turunkan tubuh secara perlahan hingga posisi paha sejajar dengan lantai.
  • Tahan posisi ini selama satu atau dua detik.

Gunakan kekuatan kaki untuk meluruskan lutut dan pinggul hingga Anda kembali ke posisi berdiri

Gunakan dumbbell yang ringan jika Anda baru melakukan olahraga untuk menambah berat badan ini. Anda juga bisa mengganti dumbbell dengan sepasang botol yang telah diisi dengan air.

Traditional Flat Bench Press


Untuk melakukan olahraga ini, Anda memerlukan barbell dan bangku yang datar. Traditional flat bench press menjadi salah satu gerakan olahraga untuk menambah berat badan yang baik karena dapat melatih otot dada, bahu, dan lengan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan olahraga ini:

  • Berbaring telentang di bangku yang datar, lalu cengkeram barbell. Pastikan posisi tangan sedikit lebih lebar dari bahu dan bilah barbell berada tepat di atas bahu Anda.
  • Pastikan telapak kaki menyentuh permukaan lantai dan pinggul tetap berada di bangku datar sepanjang traditional flat bench press
  • Pertahankan posisi tulang belakang dan kunci perut bagian depan agar tulang belakang tidak melengkung.
  • Angkat lalu turunkan palang barbell secara perlahan hingga mendekati dada. Biarkan siku menekuk ke samping tubuh membentuk sudut sekitar 45 derajat.

Gerakan ini dapat dilakukan hingga 3 set, dengan 5–10 pengulangan untuk setiap set.

Itulah beberapa gerakan olahraga untuk menambah berat badan bagi kamu yang underweight, jangan lupa lakukan secara rutin dan secukupnya ya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

7 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Manfaat Yoga Vinyasa, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood