Manfaat Senam Aerobik untuk Kebugaran Tubuh

Manfaat Senam Aerobik untuk Kebugaran Tubuh

Memiliki tubuh yang bugar merupakan impian semua orang. Tubuh yang bugar yakni tubuh yang terhindar dari penyakit, memiliki tulang yang kuat dan sehat.Seperti tubuh yang dimiliki aktor muda Kenny Austin.

Banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan untuk memiliki kebugaran jasmani yang baik dan tubuh yang bugar. Salah satunya adalah dengan senam aerobik.
 
Jenis kegiatan ini sangat menyimpan segudang manfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penurun berat badan, senam aerobik juga bermanfaat dalam memelihara kesehatan jantung. Jika kita rutin dalam melakukan kegiatan ini maka banyak lagi manfaat yang kita rasakan dalam tubuh kita.

Pada umumnya kegiatan yang dilakukan menggunakan oksigen untuk membakar lemak, memproduksi energi kemudian meningkatkan detak jantung sering disebut kegiatan olahraga aerobik atau di Indonesia sering disebut dengan senam aerobik. 

Senam ini dilakukan dengan perpindahan tubuh yang lincah ,sehingga membuat jantung terpacu. Olahraga ini sangat disenangi oleh banyak orang karena selain memiliki banyak manfaat olahraga ini juga sangat mudah dilakukan dan seru karena diiringi oleh musik.

Manfaat Senam Aerobik untuk Kebugaran Tubuh

Manfaat Senam Aerobik untuk Kebugaran Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu orga tubuh manusia yang memiliki fungsi penting yakni sebagai sistem peredaran darah dan terletak di rongga dada agak sebealah kiri. 

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.Oleh sebab itu kita diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan jantung .Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Salah satu aktivitas untuk menjaga kesahatan jantung adalah senam aerobik.Kita bisa meluangkan waktu kita untuk melakukan kegiatan ini di rumah .Agar jantung kita selalu dalam keadaan sehat.

2. Meningkatkan Stamina

Bagi kita seorang pekerja keras Stamina yang stabil sangatlah penting. Tubuh yang memiliki stamina yang lemah dapat mempengaruhi pekerjaan sehari-harinya. 

Kurangnya stamina pada umumnya terjadi karena kita sering bermalas-malasan tanpa melakukan olahraga sedikitpun sehingga tubuh kita akan sering mengalami mudah merasa lelah. Salah satu olahraga untuk meningkatkan stamina tubuh kita adalah senam aerobik. 

Dengan melakukan kegiatan ini secara rutin stamina yang lemah akan perlahan-lahan meningkat, maka tubuh kita bisa terhindar dari tubuh yang mudah lelah.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Pada umumnya seorang wanita sering mengalami perubahan mood yang tidk stabil .memiliki suasana buruk pastinya sangat mempengaruhi aktivitas kita. 

Taukah kamu dengan kita melakukan senam aerobik dapat memperbaiki suasana hati yang buruk. Senam aerobik dapa membuat hormon endorfin meningkatkan suasana hati dan memberi rasa bahagia.

Selain daripada iru senam aerobik dapat juga meredakan rasa cemas yang berlebihan dan membuat tubukh kita menjadi rileks. Maka dari itu ketika suasana hati buruk mari kita coba kegiatan ini ya.

4. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal sangatlah diimpikan oleh semua kalangan masyarakat di indonesia. 
Berat badan yang ideal dapat menambah rasa percaya diri kita kepada orang.Tubuh yang sehat biasanya memiliki berat badan yang ideal.

Namun sayang tidak sedikit diantara kita memiliki berat badan yang berlebihan. Biasaya berat badan yang berlebihan dipicu oleh terlalu sering memakan makanan yang berlemak. 

Tapi tidak usah cemas sobat, senam aerobik dapat membantu kita dalam penurunan berat badan dan pastinya harus dibarengi dengan pola makan sehat. Lakukanlah kegiatan ini setidaknya 150 menit dalam setiap minggunya.

5. Menurunkan Kadar kolestor Jahat

Salah satu penyakit yang dialami usia lanjut adalah penyakit kolestrol. Senam aerobik dapat kita lakukan untuk menurunkan kadar kolestrol jangan yang ada di tubuh kita.
 
Cara kerja senam aerobik yakni dapat meningkatkan kadar kolestrol baik dan mengurangi kadar kolestrol jahat pada tubuh. Hal tersebut dapat mencegah adanya penyumbatan yang ada dipembuluh darah.

6. Mencegah Berbagai penyakit 

Tubuh yang tidak bugar atau tidak sehat pastinya rentan terserang oleh penyakit .melakukan kegitan senam aerobik yang rutin akan mencegah datangnya penyakit masuk ke dalam tubuh kita.

Selain itu gerakan-gerakan senam aerobik dapat mengontrol tekanan darah dan menjaga kadar gula darah.

Penyakit-penyakit kronis yang dapat kita cegah dengan melakukan senam aerobik yakni penyakit jntung koroner, dibetes tipe 2 ,obesitas ,sroke hingga kanker. 

7. Meningkatkan Kemampuan Kognitif 

Kemampuan kognitif adalah kemampuan manusia untuk menangkap informasi dan pengetahuan yang didengar.

Informasi-informasi tersebut mencakup perasaan dan kesadaran terhadap diri sendiri, pengalaman pribadi dan lingkugan sekitar. Dari penjalasan tersebut kegiatan yang dapat menguatkan kemampuan kognitif kita adalah senam Aerobik.

Tidak hanya bermanfaat untuk menygarkan tubuh ternyata senam aerobik memiliki manfaat untuk kesehatan mental.Terutama kepada lansia kegiatan ini memiliki manfaat mencegah kepikunan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.