Manfaat Rutin Melakukan Olahraga Lompat Tali

Manfaat Rutin Melakukan Olahraga Lompat Tali

Lompat tali merupakan kegiatan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak pada masanya. Kegiatan ini biasa dilakukan dengan bantuan tali yang terbuat dari karet. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam kegiatan ini yakni, melatih kelenturan tubuh dan meningkatkan kebugaran jasmani.

Namun, saat ini kegiatan lompat tali tidak lagi menggunakan tali karet melainkan lompat tali yang menggunakan alat khusus atau sering disebut skipping. Latihan ini banyak digemari oleh beberapa kalangan.

Namun demikian, banyak diantara kita yang meremehkan latihan lompat tali skipping ini. Sehingga, tidak melakukan latihan ini sebagai aktivitas rutinnya.

Para peneliti mengatakan bahwa, menghabiskan waktu selama 10 menit lompat tali dalam enam minngu dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan kardiovaskular yang sama dengan melakukan kegiatan jogging yang menghabiskan waktu 30 menit. Masih banyak lagi manfaat yang dapat anda rasakan jika melakukan olahraga lompat tali ini.

Manfaat Olahraga Lompat Tali 

Manfaat Rutin Melakukan Olahraga Lompat Tali

Olahraga lompat tali memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh anda.Karena, dengan lompat tali dapat melatih seluruh tubuh sehingga, membakar banyak kalori dalam waktu singkat.Berikut ini akan dijelaskan manfaat-manfaat yang dirasakan oleh tubuh ketika melakukan olahraga lompat tali:

1. Mengurangi Cedera Kali Dan Pergelangan Kaki

Bagi anda pecinta olahraga basket, tenis, dan sepak bola sangat disarankan melakukan olahraga lompat tali ini.Karena, lompat tali yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan koordinasi kaki dan meningkatkan kekuatan otot-otot disekitar sendi pergelangan kaki.Oleh sebab itu, anda akan terhindar dari cedera ketika melakukan olahraga lainnya seperti bermain bola kaki.

2. Membakar Kalori 

Bagi anda yang sedang melakukan program penurukan berat badan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dilakukan.Lompat tali mampu membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan olahraga jogging.Latihan ini, dapat membakar kalori 1.300 per jam dan sekitar 0,1 kalori yang dikonsumsi per lompatan. 
Olahraga ini sangat mudah dilakukan karena, tidak memerlukan ruangan yang besar dan alat yang susah untuk ditemukan. 

3. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Koordinasi merupakan sistem yang meliliki fungsi untuk mengatur kerja organ-organ pada tubuh.Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan koordinasi tubuh.Salah satu aktivitas yang dapat anda lakukan adalah lompat tali.
Lompat tali yang dilakukan secara rutin akan meningkatkan koordinasi tubuh khususnya pada kaki. Latihan ini juga akan membuat anda merasa lebih ringan terutama pada kaki. 

4. Menyehatkan Jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting untuk anda lakukakan.Karena, jantung memiliki peran penting dalam tubuh.Salah satu olahraga yang dapat menyehatkan jantung anda adalah lompat tali.Dengan melakukan lompat tali yang rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.Lakukanlah kegiatan ini 12-20 menit dalam 3-5 kali dalam seminngu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Meningkatkan Efisiensi Pernapasan

Manfaat lompat tali selanjutnya dalah meningkatkan efisiensi pernapasan.Jika, pernapasan anda stabil maka kondisi ini dapat memberi manfaat bagi anda dalam melakukan aktivitas lain seperti berlari dilapangan atau berenang di kola berenang.

6. Meningkatkan Kecerdasan 

Memilki kecerdasan yang tinggi adalah salah satu impian semua orang.Namun, tidak kita sadari ternyata lompat tali memiliki manfaat untuk meningkatkan cerdas belajar anda. Hal ini terjadi karena, lompat tali dapat melatih perkembangan belahan kiri dan kanan otak  kemudian dapat meningkatkan kesadaran spasial, meningkatkan keterampilan membaca, meningkatkan memori, dan membuat anda menjadi lebih waspada secara mental. Selain dari pada itu, lompat tali juga memiliki manfaat lainnya seperti, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi dinamis, refleks, kepadatan tulang, dan daya tahan otot.

Begitulah penjelasan tentang manfaat yang bisa dihasilkan dengan melakukan olahraga lompat tali secara rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.