Jenis-jenis Yoga Yang Sedang Trend Dikalangan Masyarakat

Olahraga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena dengan rutin melakukan olahraga dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan memiliki tubuh yang lebih segar dan sehat.

Dari begitu banyaknya jenis olahraga, salah satu yang paling banyak diminati adalah yoga. Pernahkah kamu mendengar tentang yoga?

Pada dasarnya, yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang lebih mengutamakan kekuatan fisik dan juga mental.

Baru-baru ini, olahraga yoga juga cukup banyak diminati oleh masyarakat. Lantas, apa saja sih sebenarnya jenis yoga yang paling banyak diminati? Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Jenis-jenis Yoga Yang Sedang Trend Dikalangan Masyarakat

1. Hatha yoga

Jenis-jenis Yoga Yang Sedang Trend Dikalangan Masyarakat

Jenis yoga pertama yang banyak diminati adalah Hatha yoga, yakni sebuah fondasi dari seluruh jenis yoga yang memadukan asana (pose), pranayama (pernapasan), dan meditasi.

Biasanya, pelaksanaan latihan Hatha yoga dilakukan dengan alur yang tak terlalu cepat agar tubuh terasa lebih nyaman dan juga rileks.

Hatha yoga juga menjadi olahraga yang recommended bagi kamu yang sedang mencari olahraga yang sifatnya meditatif.

2. Vinyasa yoga

Jenis-jenis Yoga Yang Sedang Trend Dikalangan Masyarakat

Jenis yoga yang berikutnya adalah Vinyasa yoga, yakni dikenal sebagai kesatuan dari 4 pose (plank, chaturanga, upward-facing dog, downward-facing dog) yang dilakukan dengan gerakan tubuh mengalir.

Vinyasa yoga sendiri lebih berfokus kepada pelaksanaan beberapa style yang menitik beratkan pada sistem pernafasan.

Biasanya, antara satu pose dan lainnya harus mengalir sehingga jangan kaget jika gerakan-gerakannya menjadi cepat. Jika sudah terbiasa, setiap gerakan akan berjalan selaras dengan bagaimana seseorang bernapas

Nah, buat kalian yang sangat menyukai sejenis olahraga yang memadukan yoga dengan workout, maka Vinyasa yoga merupakan sebuah pilihan yang tepat.

3. Iyengar yoga

Jenis-jenis Yoga Yang Sedang Trend Dikalangan Masyarakat

Tak hanya Vinyasa yoga, jenis yoga berikutnya yang juga sedang trend dikalangan masyarakat adalah Iyengar yoga.

Sudah tahu belum mengenai jenis yoga yang satu ini? pada dasarnya Iyengar yoga merupakan salah satu jenis yoga yang pertama kali diperkenalkan oleh B. K. S. Iyengar.

Jenis yoga yang satu ini banyak melibatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh dengan melakukan pose berpostur tepat. Jadi, biasanya studio yang menyediakan kelas iyengar yoga akan menyediakan banyak peralatan seperti selimut, block, tali, dan lainnya.

Umumnya, jenis olahraga yang satu ini harus dilaksanakan dengan menahan beberapa pose ini dalam beberapa menit.

Namun bagi yang belum fleksibel dan terbiasa dengan yoga, instruktur akan membantu dengan peralatan yang tersedia. Iyengar yoga bisa jadi pilihan bagi yang sedang dalam proses pemulihan cedera.

4. Bikram yoga

Jenis-jenis Yoga Yang Sedang Trend Dikalangan Masyarakat

Jenis yoga berikutnya adalah Bikram yoga, yang pelaksanaannya dilakukan di dalam ruangan yang memiliki suhu hingga mencapai 40 derajat Celsius.

Bikram yoga umumnya terdiri dari 26 pose, inilah yang membuat mereka yang melakukan gerakan yang satu ini cenderung mengalami kelelahan di tengah sesi kelas yang berlangsung.

Namun, ternyata Bikram yoga sempat menuai banyak kontraversi lo. Banyak orang yang menganggap bahwa pelaksanaan olahraga ini cukup berlebihan, namun disisi lain cukup banyak juga orang yang menggap Bikram yoga menjadi olahraga yang tepat untuk membakar kalori.

5. Hot yoga

Jenis-jenis Yoga Yang Sedang Trend Dikalangan Masyarakat

Selain Bikram yoga, ternyata hot yoga juga masuk kedalam salah satu jenis yoga yang cukup popular dikalangan masyarakat lo.

Umumnya, hot yoga merupakan salah satu jenis yoga yang pelaksanaannya dilakukan didalam sebuah ruangan yang memiliki suhu yang cukup tinggi. Oleh karenanya, bagi mereka yang ingin mencoba jenis yoga ini dituntut untuk fleksibel.

6. Ashtanga yoga

Jenis-jenis Yoga Yang Sedang Trend Dikalangan Masyarakat

Jenis yoga berikutnya yang juga menjadi cukup popular dikalangan masyarakat adalah Ashtanga yoga, yakni sebuah yoga yang diperkenal pada dunia pertama kali oleh Sri K. Pattabhi Jois.

Dalam ashtanga yoga, ada tiga seri berbeda: primary, intermediate, dan advanced. Setiap seri berisi pose-pose yang sudah ditentukan dan memerlukan kekuatan, daya tahan, serta komitmen.

Setelah kamu membaca artikel diatas,kamu juga dapat membaca sekilas profil tentang Kenny Austin guys,selamat membaca ya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.