Rekomendasi Gerakan Yoga Untuk Pemula

Siapa diantara kamu yang sangat suka untuk melakukan gerakan yoga seperti yang dilakukan Shenina cinnamon? Pada dasarnya yoga memang menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak peminatnya karena dianggap lebih menarik dan mudah untuk dilakukan.

Namun, buat kamu yang masih tergolong pemula pasti bingung kan harus memulai yoga darimana dulu? Tenang, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa gerakan yoga yang dapat kalian lakukan sendiri dirumah. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Rekomendasi Gerakan Yoga Untuk Pemula

1. Tree pose

Rekomendasi Gerakan Yoga Untuk Pemula

Gerakan yoga yang pertama adalah Tree pose, yakni sebuah gerakan dasar dalam yoga untuk melatih keseimbangan serta meningkatkan keelastisan tubuh.

Adapun cara untuk melakukan gerakan yang satu ini tergolong sedarhana, yakni kalian cukup berdiri dengan posisi yang tegak, kemudian letakan kedua telapak tangan di depan dada.

Untuk bagian kaki, tekuk lutut ke arah luar menjauhi tubuh dan tempelkan telapak kaki di bagian paha seperti gambar di atas. Tahan gerakan ini selama 30 detik. Setelah 30 detik, ganti kaki sebelahnya dan ulangi gerakan yang sama.

2. Downward-facing dog

Rekomendasi Gerakan Yoga Untuk Pemula

Gerakan kedua yang juga sangat baik untuk kamu lakukan adalah melakukan Downward-facing dog, yakni sebuah gerakan yang membuat posisi V secara terbalik.

Cara melakukannya juga tergolong sederhana, kalian hanya perlu memposisikan kepala menghadap ke bawah. Pertama, mulailah dengan membungkuk meletakan kedua tangan di atas matras. Kemudian, posisi telapak tangan ini harus lebih maju daripada bahu.

Setelah itu, kalian dapat mengatur posisi kaki, yakni meletakkannya diatas matras dalam posisi tertekuk. Kemudian angkat lutut yang menempel di matras hingga kaki Anda lurus dari ujung ke ujung. Anda bisa melihat contoh gerakannya seperti gambar di atas.

Dalam fase ini, kalian harus pastikan posisi tubuh dalam keadaan yang lurus ya, kemudian pertahankan posisi ini sambil menarik napas panjang sebanyak 5-10 kali.

3. Cat-cow

Rekomendasi Gerakan Yoga Untuk Pemula

Gerakan yoga berikutya yang juga dapat kaum pemula lakukan yakni dengan melakukan sebuah cat-cow. Yoga yang satu ini akan sangat dianjurkan khususnya bagi kamu yang memiliki permasalahan dalam seperti nyeri punggung.

Rutin melakukan gerakan ini akan membuat punggung kalian lebih sehat dan terhindar dari rasa nyeri yang menyerang area tersebut.

Cara melakukan gerakan ini juga tak sulit. Kalian hanya perlu memposisikan tangan kalian berserta lutut diatas matras, kemudian regangkan tulang punggung dengan gerakan menekuk dan meluruskan tubuh. Rasakan perlahan bahwa tulang punggung Anda harus selalu tetap lurus.

4. Mountain pose

Rekomendasi Gerakan Yoga Untuk Pemula

Tak kalah gampang, jenis gerakan yoga berikutnya yang juga dapat mudah kalian lakukan adalah dengan menirukan sebuah Mountain pose, kategori gerakan paling sederhana.

Cara melaksanakannya juga tak sulit, cukup berdiam diri diam dengan dada terbuka dan tangan di sisi tubuh.

Gerakan ini juga digunakan untuk menganalisis postur tubuh Anda, apakah postur tubuh Anda sudah tepat. Jangan-jangan selama ini bahu Anda miring ke sebelah atau Anda terlalu membungkuk.

Untuk melaukan Mountain pose, kalian harus berdiri tegak, lalu rasakan di bagian punggung Anda terasa benar-benar lurus. Posisi tangan di samping tubuh dengan tangan terbuka.

5. Gerakan yoga child’s pose

Rekomendasi Gerakan Yoga Untuk Pemula

Gerakan berikutnya yang juga dapat kalian lakukan jika kalian masih pemula dalam yoga adalah Gerakan yoga child’s pose, yang dianggap sebagai gerakan untuk membuat tubuh lebih rileks dan tenang jika dibandingkan dengan gerakan yang lainnya.

Jika kalian merasa tubuh cenderung lemas dan tak bersemangat, maka gerakan yoga yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu.

Dari pose downward-facing dog yang sebelumnya kalian lakukan, turunkan bokong Anda ke bawah, tempelkan lutut dan punggung telapak kaki kalian dengan matras.

Turunkan juga bahu kamu ke lantai dengan kepala menghadap ke lantai. Luruskan tangan ke depan sejauh mungkin.

Demikian artikel untuk gerakan yoga bagi pemula & kamu juga dapat membaca profil Kenny Austin yah guys.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.