Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

Hatha yoga merupakan salah satu jenis yoga yang dapat pelaksanaannya sangat mengandalkan sebuah teknik pernapasan yang bertuan untuk menggabungkan pikiran dan juga tubuh.

Dapat juga dikatakan bahwa, hatha yoga merupakan induk dari beberapa jenis yoga yang ada. Hal ini disebabkan karena hatha yoga lahir banyak jenis yoga dengan medium yang unik. Semua kelas yang melibatkan asana seperti ashtanga, vinyasa, Iyengar, serta power yoga juga termasuk dalam kategori hatha yoga.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa gerayakan yang ada di hatha yoga. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Jenis Gerayan Hatha Yoga

1. Standing Yoga Pose

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

Gerakan hatha yoga yang pertama adalah sebuah gerakan yang sering disebut dengan Standing Yoga Pose, dimana kalian hanya perlu berada di dalam posisi yang tegak untuk melakukan gerakan yang satu ini.

Nah, setelah kalian sudah dalam posisi yang tegak, maka selanjutnya kalian dapat mengangkat kaki bagian kanan ke atas hingga membentuk sebuah sudut 45 derajat.

Setelah kalian sudah membentuk sebuah sudut sebanyak 45 derajat, maka langkah selanjutnya yang dapat kalian coba adalah dengan meluruskan tangan kanan meraih bagian kaki kanan tersebut. Luruskan kaki kiri dan condongkan badan ke arah depan.

Kemudian, kalian dapat meluruskan tangan kiiri kalian dan juga mengatur nafas sebanyak kurang lebih 5 kali. Disini kalian juga harus menjaga pandangan mata tetap lurus ke depan mengikuti arah tangan kiri.

Pada dasarnya gerakan ini bertujuan untuk melakukan peregangan pada bagian bahu, dada, pinggul, dan perut.

2. Downward Facing Dog

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

Downward Facing Dog  adalah titik awal yang bagus untuk yoga, meskipun hanya untuk peregangan pagi dan ini adalah transisi yang mudah ke postur lain seperti jongkok, jongkok ular, dan jongkok bayi.

Ini juga dapat digunakan sebagai postur untuk relaksasi dan sebagai pembangun energi untuk setiap gerakan.

Karena meluruskan tulang belakang dan meregangkan lengan, kaki, perut, dan bahu. Ini adalah cara yang bagus untuk memperpanjang detak jantung Anda setelah berolahraga atau kapan saja saat kita merasa sedikit sakit.

Dalam melakukan downward facing dog hal pertama yang harus kita perhatikan adlah kita harus benar dalam memposisikan letak tangan dan kaki, supaya dapat menahan dan menjaga keseimbangan tubuh.

Naikla ke atas matras dengan tangan dan lutut pastikan tangan dan pergelangan tangan berada di bawah atau kedepankan sedikit bahu dan tekuklah lutus secara langsung.

Kemudian saat menghembuskan napas, selipkan jari-jari kaki kedalam dan angkat lutut dari lantai. Dan buatlah lutut sedikit tertekuk dan tumit terangkat dari lantai, agar tidak mengakibatkan otot-otot kaki menjadi keram.

Gerakan berikutnya perlahan mulai meluruskan kaki. Menghembuskan napas dan bagian atas paha dorong kebelakan, dan tumit direntangkan saat melakukannya. Setelah menemukan keseimbangan maka kita harus mempertahankannya.

Pastikan lagi bahwa berat badan terdistribusi secara merata diantara lengan dan kaki kita, dalam melakukan ini kita juga meras kesulitan akan tetapi kembali pada keseimbangan badan.

Tapi cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari gerakan ini adalah dengan menahannya untuk waktu yang cukup, itulah cara dalam membangun kekuatan dan keseimbangan.

Dalam melakukan gerakan ini kita harus menarik napas panjang dan dalam supaya paru-paru terisi penuh kemudian kosongkan dan hembuskan nafas secara perlahan dan ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan relaksasi.

3. Bhujangasana

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

Bhujangasan yang sering disebut dengan pose yoga seperti ular. Gerakan ini juga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan seperti meredakan stress, kelelahan, menyegarkan hati,memperkuat bahu dan lengan dan memperbaiki pencernaan.

Bahkan bagi kaum wanita gerakan ini juga dipercaya bisa membantu ketidakteraturan menstruasi. Maka gerakan ini sangat pamor dalam kalangan penggemar kebugaran.

Dalam melakukan gerakan ini yang pertama kita lakukan adalah berbaring menelungkup di tengah atau atas matras.

Dan berusahalah menekan jari tangan dan kaki ke lantai dengan posisi lurus. Selanjutnya, tekanlah lantai dengan kedua telapak tangan.

Dengan meletakkan tapak tangan dilantai dibagian bawah bahu, ini bertujuan agar ujung jari tangan berada tepat di bawah bahu. Dekatkan siku ketubuh agar mengarah kebelakang.

Gerakan berikutnya, tarikla bahu sedikit kebelakang dan kebawah menjauhi telinga. Kemudian, aktifkan otot perut dengan menarik pusar kearah tulang punggung.

Dalam gerakan ini kita harus tetap  menggunakan otot perut untuk melindungi penggung bawah dan menjaga paha agar tetap menyentuh lantai. Kemudian, mulailah melakukan Bhujangasana atau postur kobra yang rendah dengan menjauhkan dada dari lantai menggunakan otot punggung dan perut untuk melengkungkan punggung kebelakang.

Bertahanla sambil menarik napas panjang sebelum turun kelantai perlahan lahan untuk melakukan peregangan berikutnya.

Angkat lagi dada sedikit lebih tinggi sambil membuang napas. Dan yang penting adalah punggung kaki, paha, pinggul dan telapak tangan harus selalu menekan kelantai. Aktifkan otot perut dengan menarik pusat kearah tulang punggung supaya bisa membantu untuk bergerak.

4. Triangle Pose

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

Tiangle pose yang sering dikenal dengan sebutan trikonasana. Gerakan ini memiliki manfaat untuk meregangkan kaki dan otot tubuh dan meningkatkan kualitas pernapasan.

Dalam melakukan gerakan ini cara yang kita lakukan adalah melai berdiri dan kaki terbuka lebar, regangkan kaki kanan dan menjaga kaki agar lebih dekat ketubuh.

Setelah merasakan posisi yang tepat, taruhlah salah satu tangan ke arah bawah dan tidak perlu menyentuh lantai apabila tidah memungkinkan.

Dan yang satu lagi di buka kearah atas dan bisa juga dengan menaruh di pinggang apa bila masih merasa sulit untuk mengarahkannya keatas. Dan pertahankan gerakan tersebut kurang lebih 15 menit dan lakukan secara bergantian

5. Tree Pose

Yuk Lakukan Gerakan Hatha Yoga Ini Untuk Menenangkan Hati Dan Pikiran

Dalam melakukan gerakan tree pose, gerakan dimulai dengan berdiri tegak kedua kaki dibuka selebar bahu. Dan gerakan selanjutnya adalah kaki kiri diangkat keatas dan meletakkan pada bagian atas lutut kaki kanan.

Di posisi ini telapak kaki kiri berada diatas lutut atau paha kaki. Bagian yang tidak boleh dilupakan dalam pose ini adalah dengan mengatur nafas dan menjaga keseimbngan tubuh.

Setelah semua seimbang, ambil posisi berdoa dengan meletakkan telapak tangan di depan dada. Lalu tarik napas, rentangkan tangan ke atas dengan berhadapan satu sama lain tanpa bersentuhan.

Tahan hingga 30 detik lalu buang napas, dan Kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini pada posisi sebaliknya.

Bagaimana, mudah bukan untuk tetap merasa rileks selama di rumah saja? Selalu jaga Kesehatan tubuh dan pikiran, ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Manfaat Yoga Vinyasa, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood