Rekomendasi Workout untuk Merawat Tulang dan Sendi


Tau kah kalian, kalau olahraga memiliki banyak fungsi baik bagi tubuh. Dalam setiap aspek tubuh, kalian bisa merawatnya agar tak diserang penyakit atau juga agar lebih sehat dalam merawat tubuh serta memiliki kebugaran jasmani yang baik.

Adapun salah satu manfaat dari olahraga adalah merawat tulang dan sendi di dalam tubuh. Kadang, semakin berumur, sendi dan tulang akan semakin banyak gangguan.

Tapi tak hanya untuk orang yang semakin berumur saja lho, untuk kalian yang masih memiliki umur produktif, kalian juga bisa terkena beberapa penyakit yang dapat mengganggu aktivitas kalian seperti Osteoartritis, Rheumatoid Arthritis, Spondyloarthritis, Lupus untuk penyakit sendi.

Beberapa penyakit tulang bisa seperti Osteoporosis, Penyakit Tulang Metabolik, Patah Tulang, Kanker Tulang. Kalian tidak boleh menganggap sepele loh permasalahan beberapa pe nyakit terdebut jikalau datang menghinggapi tubuh kalian.

Dari pada kalian ribet untuk mengobati, alangkah baiknya kalian mencegah sebelum terjadi. Kamu dapat mengetahui caranya dengan mencarinya melalui mesin pencari yandex.

Dengan berolahraga, kalian bisa mencoba cegah gangguan pada tubuh kalian agar kalian emmiliki tulang dan sendi yang sehat untuk beraktivitas. Adapun beberapa workout yang cocok untuk kalian lakukan agar tulang dan sendi kalian sehat adalah sebagai berikut :

1. Cross-training



Olahraga ini bisa menciptakan keseimbangan pada otot kalian. Tak hanya pada oto, Cross-training dikenal mampu untuk kalian jadikan bahan untuk merawat tulang dan sendi agar tetap kuat dan tidak gampang cedera.

Tak hanya berfokus pada tubuh, Cross-training juag memberikan manfaat pada seluruh tubuh untuk ukuran 1 jenis olahraga saja. Adapun yang bisa didapatkan tubuh dari olahraga ini seperti membantu proses rehabilitasi cedera dan mempercepat penyembuhan. 

Gerakan dari olahraga ini cukup mudah, anda hanya perlu latihan aerobik seperti berjalan, berenang, menari dan stair climber.  Latihan fleksibilitas seperti Pemanasan berupa berjalan atau aktivitas aerobik lainnya sebelum melakukan peregangan.

2. Latihan Beban



Dari hasil penelitian ditemukan bahwa orang yang melakukan olahraga latihan beban sepanjang hidup dengan rutin akan memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif secara fisik.

Maka dari itu, untuk merawat tulang dan sendi, anda bisa menggunakan jenis olahraga ini. Adapun cara melakukan latihan beban ini bisa kalian dapatkan di gym untuk mendapatkan alat yang lebih lengkap.

Beberapa contoh latihan beban seperti Deadlift, Barbel lunge, Pull up, Bent over row, Standing shoulder press.

3.  Latihan fleksibilitas



Latihan ini merpukan latihan yang mempertahankan rentang gerak tubuh secara penuh yang melibatkan persendian secara aktif.  Adapun beberapa contoh dari latihan fleksibilitas adalah

·         Latihan mencium lutut dalam posisi duduk pada gerakan senam lantai

·         Latihan mencium lutut dalam posisi berdiri pada gerakan senam lantai

·         Latihan mencium lantai pada posisi duduk dengan kaki terlentang pada gerakan senam lantai

·         Latihan berbaring kangkang

·         Latihan kayang.

Tak hanya berguna untuk merawat sendi dan tulang, latihan kelenturan mampu menambah setiap atlet dari segi kecepatan, koordinasi, kelincahan, menghemat penggunaan tenaga, hingga memperbaiki sikap tubuh.

4. Peregangan 

Jenis olahraga ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah senam aerobik atau sering juga digunakan untuk mendapatkan performa kekuatan yang sempurna.

Adapun contoh peregangan yang dapat anda lakukan adalah lari di tempat dengan cepat, berjalan sambil menekuk lutut, mengayunkan kaki, langkah tinggi atau butt kicks (joging perlahan sembari kaki menendang ke belakang).

Nah, sekian beberpaa rekomendasi olahraga untuk kalian yang ingin merawat tulang dan sendi, kalian juga dapat membaca sekilas profil tentang Kenny Austin guys,semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.