Rekomendasi Olahraga dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Setiap manusia pasti memiliki aktivitas masing-masing seperti difarina indra yang adalah seorang penyanyi dangdut. Kadang aktivitas tersebut membuat mereka sedikit menyimpangkan olahraga dalam hidup mereka. Berbagai alasan yang didapat, seperti membuang waktu dan tenaga.

Padahal, dengan sedikit berolahraga rutin setiap harinya akan membuat kalian menjaga kesehatan jantung dan juga menjaga kebugaran jasmani kalian. Jantung adalah organ dalam manusia yang sangat rentan jikalau mengalami gangguan kesehatan. Jiakalau jantung manusia sudah mengalami sedikit kecacatan, makan akan sangat fatal resiko yang harus diambil jikalau kita ingin mengobatinya.

Menjaga jantung agar tetap sehat banyak cara dan tindakan yang sangat gampang dilakukan. Beberapa tips untuk menjaga jantung agar tetap sehat seperti,

·         Rutin berolahraga

·         Memperbaiki pola makan sehat

·         Menjaga berat badan ideal

·         Mengontrol kadar darah dalam tubuh

·         Rajin minum air putih

·         Mengurangi/berhenti merokok

·         Istirahat yang cukup

Seperti yang kita bahas tadi, olahraga yang kadang disampingkan oleh aktivitas dan kesibukan anda bisa saja membantu anda tetap menjaga kesehatan organ jantung anda.

Berikut olahraga yang membantu anda mengontrol kesehatan jantung anda, seperti :

1. Senam Jantung



Defenisi senam jantung disini bukanlah jantung anda yang harus senam, melainkan tubuh anda yang bergerak yang dapat mempengaruhi performa dari gerakan dan irama jantung anda. Tak hanya itu, senam ini juga dapat membantu anda dalam melancarkan aliran darah.

Adpaun gerakan dari senam jantung seperti jump suck, squat jump, gerakan memanjat dan juga jogging di tempat.

2. Berenang



Olahraga air yang satu ini dapat menunjang kebugaran tubuh dari pembuluh darah. Tak hanya itu, setiap gerakan dari renang yan kalian lakukan membantu memperkuat otot jantung sehingga kinerja jantung untuk memompa darah bisa lebih optimal. Detak jantung juga akan semakin stabil jikalau anda rutin dalam berenang.

Dengan darah yang sehat, akan membuat sirkulasi darah di dalam tubuh akan lancar dan mengurangi resiko terhadap tubuh anda.

Tak hanya itu, berenang selama beberapa kali per pekan dapat membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Maka dari itu, anda akan terhindar dari penyakit hipertensi.

3.  Lari Pagi



Saat pagi hari setelah bangun tidur, olahraga ini dapat membantu anda dalam merangsang alirah darah agar terjaga dengan baik dan sirkulasi darah lebih lancar. Dengan lancarnya aliran darah anda, maka akan membuat kinerja jantung tidak akan terbebani dan ritme jantung tetap dalam keadaan normal.

Jikalau kamu melakukannya dengan rutin, maka kesehatan jantung kalian akan semakin terjaga. Selain menjaga dari penyakit jantung, lari pagi bisa membantu kamu menghindari penyakit seperti store dan juga penyerangan sistem kardiovaskuler.

4. Bersepeda



Bersepeda disaat anda luang dapat membantu anda dalam melindungi kesehatan jantung anda. Melakukan olahraga ini sekitar 30-60 menit dapat mengurangi kesehatan jantung anda agar tidak stress, serta akan memperkuat otot-otot jantung.

Saat sepeda dikayuh, tak hanya tubuh saja yang bergerak, tapi jantung juga. Selain menjaga keseatan jantung, bersepedan mampu membantu anda menjaga kesehatan tubuh lain seperti sendi, menjaga berat badan serta menjaga kesehatan mental.

5. Yoga


Tampak sederhana, tetapi olahraga ini cukup membantu anda lho dalam menjaga kesehatan jantung anda. Sama seperti yang lain, yoga dapat membuat jantung anda sehat dan juga melancarkan srikulasi darah. Adapun beberapa gerakan yoga yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti, Tadasana, Vrikshasana, Trikonasana, Veerabhadrasana, Uttanasana, Padangusthasana, Adho Mukha Svanasana dan lain-lain.

Sekian rekomendasi olahraga yang dapat menyehatkan jantung jikalau kita rutin dalam melakukannya & kamu juga dapat membaca sekilas profil tentang aktor Kenny Austin. semoga artikel ini membantu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.