6 Jenis Gerakan Yoga, Salah Satunya Dapat Membakar Banyak Kalori

Olahraga merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh orang untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan yang sehat, salah satunya ialah aktor Kenny Austin.

Jenis olahraga sendiri sangat banyak dan beragam jenisnya, mulai dari lari, jogging, senam, hingga yoga merupakan bentuk dari sebuah gerakan olahraga.

Yoga memang salah satu jenis olahraga dan sering dijadikan sebagai sebuah gaya hidup bagi sebagian orang seperti mikha tambayong.

Ketika kita perhatikan dengan seksama, gerakan yoga ini sendiri bukan hanya sekedar menggerakkan badan secara lentur, akan tetapi juga dapat membawa dampak positif kepada tubuh dan juga fikiran.

Perlu kalian ketahui bahwa yoga merupakan sebuah aliran yang membawa ciri serta manfaatnya masing-masing.

Nah, berikut ini beberapa aliran yoga yang dapat kamu cobain sendiri dirumah. Penasaran? yuk simak penjelasannya.

1. Vinyasa

6 Jenis Gerakan Yoga, Salah Satunya Dapat Membakar Banyak Kalori

Aliran yoga yang pertama yang dapat kalian cobain adalah gerakan Vinyasa. Yoga ini memang dikenal dengan praktik gerakannya yang dinamis dan intensif.

Adapun tujuan dari gerakan yang satu ini adalah sebagai penghubung antara penapasan dan gerakan. Musik sering digunakan sebagai pengiring saat latihan untuk menjaga suasana agar tetap hidup.

Nah, buat kalian yang kurang menyukai rutinitas, maka gerakan yoga yang satu ini akan cocok untuk kamu karena gerakannya yang dinamis tidak akan membuat kalian merasa cepat bosan.

2. Restorative (Yin)

6 Jenis Gerakan Yoga, Salah Satunya Dapat Membakar Banyak Kalori

Gerakan atau aliran yoga berikutnya yang dapat kalian coba adalah Restorative (Yin) yoga atau lebih dikenal dengan sebutan yin yoga.

Dalam pelaksanaan yin yoga, kalian akan memerlukan sebuah media seperti guling, balok rintang, dan juga selimut atau kain untuk memudahkan para pesertanya melakukan berbagai pose tanpa harus berusaha terlalu keras.

Tujuan dari gerakan yoga ini adalah untuk membuat tubuh terasa lebih segar, bahka lebih segar dari saat kalian melakukan tidur siang.

Yin yoga akan sangat cocok buat kalian yang ingin mendapatkan tubuh yang rileks dan juga waktu istirahat yang  berkualitas.

3. Iyengar

6 Jenis Gerakan Yoga, Salah Satunya Dapat Membakar Banyak Kalori

Aliran atau gerakan yoga berikutnya yang dapat kalian coba adalah inyegar yoga, dimana pada aliran ini kalian akan berfokus pada keselarasan dan ketepatan dalam berpose.

Untuk mendapatkan hal tersebut, maka kalian akan memerlukan beberapa media dalam pelaksanaanya, seperti guling, balok rintang selimut, tali pengikat, dan kursi yang sering digunakan.

Kalian tidak akan banyak melakukan gerakan melompat di aliran yoga ini, sehingga kinerja jantung tidak akan teralu berat.

Namun kalian jangan terlebih cepat menyimpulkan, dengan melakukan gerakan ini, kalian akan merasakan sendiri bagaimana fisik dan mental Anda ditantang untuk terus bertahan hingga latihan selesai.

Jenis yoga ini akan sangat cocok buat kalian yang sedang mengalami sebuah kondisi fisik yang khusus atau sedang dalam keadaan cedera.

Latihan yoga iyengar dapat membuat kalian pulih lebih cepat karena dapat meringankan sakit dan mengencangkan otot.

4. Hatha

6 Jenis Gerakan Yoga, Salah Satunya Dapat Membakar Banyak Kalori

Aliran tau gerakan yoga yang berikutnya yang dapat kalian coba adalah hatha yoga, dimana jenis gerakan yoga ini akan akan berfokus pada postur fisik.

Hampir semua jenis kelas yoga yang diajarkan di Barat adalah yoga hatha. Anda mungkin tidak akan berkeringat di kelas yoga hatha, tapi Anda akan meninggalkan kelas dengan perasaan lebih hidup, segar, dan santai.

Gerakan yoga ini akan sangat cocok bagi kamu yang cenderung masih pemula dalam menjalani atau menggeluti dunia yoga, karena cenderung sederhana.

5. Bikram

6 Jenis Gerakan Yoga, Salah Satunya Dapat Membakar Banyak Kalori

Gerakan atau aliran yoga berikutnya yang juga dapat kamu lakukan adalah gerakan yoga Bikram, yang umumnya akan dilakukan pada ruangan dengan suhu yang panas.

Di kelas bikram, Anda akan berkeringat, lebih dari yang pernah Anda rasakan, setelah melewati 26 pose yoga.

Tak hanya itu, gerakan yoga brikam juga akan mengajarkan pose-pose yang sama pada setiap putarannya.

Dalam menjalani gerakan yoga ini, kalian akan cenderung mengalami dehidrasi, untuk itu pastikan kalian membawa asupan air minum yang cukup ya.

Gerakan yoga ini akan sangat cocok buat kalian yang sangat ingin membakar banyak kalori tubuh dalam waktu yang cepat.

6. Ashtanga

6 Jenis Gerakan Yoga, Salah Satunya Dapat Membakar Banyak Kalori

Gerakan yoga berikutnya yang juga dapat kalian coba adalah yoga ashtanga yang sekilas hampir serupa dengan yoga vinyasa karena setiap gerakan terhubung dengan ritme pernapasan.

Namun, hal yang membedakannya adalah ashtanga memiliki pose dan urutan yang sama persis, sedangkan vinyasa dinamis.

Melakukan gerakan yoga ashtanga akan membuat kalian berkeringat dan cukup berat secara fisik. Oleh karena itu siapkan handuk dan matras yoga yang berkualitas.     

Bagi kalian yang ingin melatih fisik menjadi lebih kuat dan juga tangguh, maka gerakan ini akan cocok buat kalian.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.