Olahraga Sederhana untuk Ibu Hamil

Pada saat masa kehamilan, ibu hamil perlu membaca ayat seribu dinar dan juga memerlukan gerak yang cukup untuk perkembangan janin baik. Tidak hanya untuk bayi saja lho, untuk kesehatan bunda sendiri juga memerlukan olahraga yang cukup.

Tubuh bunda disaat mengandung sang bayi bisa saja membuat tubuh terasa lelah dan pegal. Berat badan yang bertambah juga kadang membuat bunda tidak percaya diri , bukan? Kadang juga, bunda-bunda sekalian melalaikan kepentingan olahraga dikarenakan waktu yang sibuk dan juga takut merasa terlalu letih.

Padahal sebenarnya, olahraga sangat membantu para bunda dalam menjalani hari-hari, baik dalam bekerja atau beraktivitas dirumah saja. Jadi mulai sekarang, perbanyak olahraga walau itu hanya dengan gerakan sederhana saja.

Emangnya apasih pentingnya olahraga secara detail? Banyak dong, contohnya seperti,

-Mengurangi berat badan yang naik saat masa kehamilan

-Mencegah kembung, sakit pinggang dan konstipasi

-Menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata

-Memperbaiki suasana hati dan mengurangi risiko depresi

-Mengurangi stres saat hamil

Disini kita akan membahas beberapa gerakan sederhana yang dapat menjadi olahraga rutin para bunda.

1. Jalan Kaki Santai

Anda bisa melatih berbagai otot-otot tubuh bunda dengan melakukan jalan kaki secara santai lho. Membakar sedikit kalori dan juga menyehatkan tubuh. Anda bisa menggunakan pakaian yang sedikit berukuran besar atau juga payudara yang sedikit longgar.

2. Senam Hamil

Senam juga termasuk olahraga sederhana yang bisa para ibu lakukan. Kalian bisa mendapatkan beberapa contoh senam ibu hamil disuatu komunitas para ibu hamil atau juga bisa senam sendiri dirumah. Bantuan video senam akan membantu olahraga kalian menjadi lebih mudah.

3. Latihan Jongkok dan Memiringkan Pinggul


Olahraga ini, disarankan oleh dokter dilakukan untuk para ibu dengan masa kehamilan trisemester ke-3. Olahraga ini bertujuan untuk mempermudah para ibu hamil untuk masa persalinan mereka.

4. Berenang

Apakah bunda-bunda sekalian suka dengan olahraga renang? Ternyata olahroaga ini sangat bermanfaat juga loh untuk para ibu hamil yang sedang memasuki masa awal kehamilan. Kenapa? Dikarenakan dapat mengurangi rasa mual pada awal kehamilan. Tak hanya itu, berenang juga membantu bunda bergerak banyak didalam air, tetapi tidak merasakan beban yang terlalu berat dikarenakan massa didalam air.

5. Yoga


Pasti olahraga yoga tak asing lagi dalam telinga para masyarakat, bukan? Tak hanya untuk kalangan orang biasa, ibu hamil juga diperbolehkan dan bahkan disarankan untuk melakukan yoga. Sama halnya dengan senam, olahraga ini mempunyai kelas khusus yang dimana memiliki tutor yang akan membantu para bunda dalam berolahraga.

Olahaga ini dianjurkan karena dapat membantu melancarkan sistem pernafasan, kelenturan, bahkan persiapan untuk pinggul para bunda agar gampang saat melahirkan.

Seperti biasa, yoga dapat membantu dalam merilekskan pikiran, dimana bunda tidak akan terlalu stress dimasa kehamilan dan juga akan gampang beristirahat.

6. Sepeda Statis

Olahraga ini memudahkan ibu hamil, karena tidak perlu dengan panas-panasan keluar ruangan untuk berolahraga. Seperti namanya, olahraga sepeda statis dilakukan didalam ruangan dan hanya disatu tempat.

Hal bisa membantu bunda dalam melatih oto kaki lho, untuk para yang bunda selalu merasa kakinya keram, boleh dicoba agar kaki bunda dapat terasa ringan. Sangat menghemat waktu bukan?

7. Zumba

Zumba juga dapat memudahkan para bunda dalam menyehatkan tubuh disata masa kehamilan. Jikalau malas lari, renang ataupun yoga, zumba bisa menjadi pilihan yang cocok dan juga menyenangkan.

Olahraga ini dikatakan menyenangkan karena diiringi dengan lagu-lagu yang dapat menaikkan mood.

Nah,segitu dulu untuk tips olahraga sederhana saat hamil. Untuk ibu-ibu sekalian semoga artikel ini bermanfaat ya. Tapi jangan olahrga terlalu keras dan seimbang juga ya dengan kondisi tubuh serta kehamilan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.