Gerakan Zumba Untuk Pemula


Guys, diantara kalian pasti ada yang sangat rajin berolahraga demi membakar kalori yang berlebihan bukan? Kalori yang berlebihan dalam tubuh kadang membuat rasa percaya diri kita berkurang. Tak hanya ituloh, terlalu banyak kalori di dalam tubuh bisa mempermudah kita mengalami obesitas yang bisa memicu penyakit berbahaya bersarang di dalam tubuh sehingga menurunkan kebugaran jasmani kalian.

Beberapa olahraga seperti zumba dapat membantu kita membakar kalori agar tubuh kita tampak lebih menarik, dibanding sebelumnya. Olahraga yang dominan melakukan gerakan tari yang cukup lincah, diikuti dengan musik chord cinta tak harus memiliki yang juga akan membakar semangat kalian.

Tapi, walaupun zumba hanya berdasarkan gerakan pemula, gerakan ini cukup ekstrim efeknya setelah dilakukan. Maka dari itu, bagi pemula yang ingin senam zumba, alangkah baiknya kalau kalian ingin melakukan zumba, kalian harus tau gerakan awal yang akan kalian lakukan, yang dikhususkan bagi pemula.

Adapun beberapa gerakan zumba bagi pemula adalah sebagai berikut,

1. Awali dengan Pemanasan


Dalam olahraga, pemanasan merupakan hal cukup penting, begitupun dengan zumba. Efek samping dari pemanasan sebelum olahraga adalah mencegah otot yang cedera disaat olahraga. Kalian bisa melakukan pemanasan dengan cara jalan ditempat dengan hitungan 2x8 atau juga berlari kecil.

Tak hanya itu, kalian bisa menggerakkan tubuh kalian agar dapat siap menerima pergerakan yang kalian lakukan saat olahraga.

2. Gerakan Salsa


Adapun cara pergerakan dalam gerakan salsa adalah mulailah dengan pola langkah paling dasar yakni ambil satu langkah ke kiri. Goyangkan pinggul, kaki, tangan dan tubuh juga ke arah kiri. Setelah itu, rapatkan kaki sambil tetap menggoyangkan tubuh. Lakukan pola gerakan yang sama pada kaki kanan.

3.  Gerakan Merengue


Gerakan selanjutnya adalah gerakan Merengue. Adapun cara melakukan gerakan ini dengan benar adalah,

·         Rentangkan kedua tangan. Jika memungkinkan, kamu bisa sambil memegang dumbell atau botol plastik berisi air.

·         Tarik tangan kanan ke arah dalam dan bawah. Ikuti gerakan ini dengan ayunan pinggul ke kanan dan kaki kiri diayunkan di tempat.

·         Kemudian, tarik tangan kiri ke arah dalam dan bawah. Ikuti juga dengan ayunan pinggul ke kiri dan kaki kanan diayunkan di tempat.

·         Lakukan secara bergantian dengan tempo sedang sebanyak 2 x 8 hitungan.

4. Gerakan Reggaeton 

Gerakan ini terbagi menjadi 3 jenis gerakan, yaitu basic, 2 steps, dan vibrate hip. Adapun beberapa contoh gerakannya seperti :

- Basic : langkah kaki kanan ke depan – 1 langkah kaki kiri ke depan – 2 langkah kaki kanan ke depan. Begitu juga untuk kaki kiri sebagai awalan.

-2 steps : Tekuk kedua tangan secara horizontal di depan dada. Bergeraklah ke arah kiri 2x sambil menggerakkan tangan kanan seperti menyikut sebanyak 2x juga. Lakukan gerakan yang sama pada tangan yang satunya.

- vibrate hip : Poin dari gerakan satu ini adalah mengayunkan pinggulmu ke kanan dan kiri. Gunanya adalah untuk membuat pinggangmu lebih ramping dan pahamu menjadi kencang. Mulailah dari tempo yang lambat hingga ke cepat.

5. Gerakan cumbia


Pergerakan ini melibatkan pergerakan dasa kaki, yang diyakini dapat membantu mengencangkan otot paha, pinggang, lengan dan perut.

Untuk melakukan gerakan cumbia, berdiri tegak dengan arah menyamping. Setelah itu, gerakkan kaki kanan maju dan mundur bergantian. Tapi ingat ya, hanya bagian ujung jari kaki saja yang menyentuh tanah.

Setelah itu, goyangkan tubuh saat menggerakkan kaki maju dan mundur. Lakukan gerakan ini sebanyak 1x8 hitungan.

6. Pendinginan


Olahraga zumba setelah dilaksanakan harus di tutup dengan pendinginan. Manfaat dari pendinginan setelah olahraga adalah mengembalikan kondisi tubuh dan detak jantung kembali ke normal secara perlahan. 

Gerakan dengan intensitas rendah bisa kalian lakukan dengan contoh mengembalikan kondisi tubuh dan detak jantung kembali ke normal secara perlahan.

Nah,setelah melakukan pendinginan kalian bisa melakukan istirahat,sembari kalian bisa membaca profil tentang Kenny Austin.

Nah, sekian beberapa tips dari gerakan zumba untuk pemula, ada baiknya, kalian menekuni latihan ini agar dapat membakar kalori kalian dengan rutin untuk mendapatkan tubuh idaman kalian.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.