Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Halo teman-teman...Sudah pernahkan kalian mendengar seputar senam aerobik? Atau mungkin kalian pernah mendengar nya namun tidak tahu cara melakukan nya?

Oke, pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar senam aerobik.

Jadi, senam aerobik adalah senam yang gerakannya dipadukan dengan irama musik atau tarian tradisional dengan durasi waktu yang telah ditentukan. Kamu juga dapat memakai lagu chord runtah untuk melakukan gerakan senam aerobik ini.

Senam aerobik diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper ditahun 1960-an. Namun, di tahun itu jenis senam itu belum banyak di kenal dan kurang diminati oleh masyarakat. Sehingga pada tahun 1970-an, senam ini diubah kedalam bentuk tarian sehingga mulai menarik minat orang banyak.

Fungsi dari senam aerobik ini adalah untuk meningkatkan kapasitas oksigen pada jaringan tubuh kita.

Pada dasar nya kadar oksigen yang masuk kedalam tubuh kita ditentukan oleh besar nya kapasitas paru-paru saat menghirup udara. 

Nah, dengan rutin melaksanakan latihan senam aerobik secara teratur dengan takaran yang cukup akan dapat memperbaiki kinerja jantung dan paru-paru.

Selain untuk meningkatkan kadar oksigen dalam paru-paru, ternyata senam ini juga memiliki banyak manfaat, mulai dari mengurangi resiko darah tinggi, memperkuat tulang dan sendi, mempercantik kulit, membantu memperbaiki pernafasan, hingga membakar kalo tubuh.

Buat kalian yang sedang menjalani program penurunan berat badan, maka senam aerobik ini boleh kamu coba karena dapat membakar kalo tubuh.

Selain itu, senam ini juga dapat kamu lakukan sendiri dirumah tanpa harus pergi ke tempat khusus yang memerlukan banyak biaya.

Lantas, bagaimana tutorial dalam melaksanakan senam aerobik ini ? Yuk langsung di simak.

Tutorial Senam Aerobik

Reverse lunges

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah  mengambil posisi berdiri, kemudian mengambil langkah besar ke belakang dengan kaki kiri Anda.

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Setelah itu tekuk kedua lutut dan perlahan turunkan posisi tubuh. Kalian harus memastikan jika lutut kanan Anda pas sejajar di atas pergelangan kaki, jangan terlalu jauh melampaui jari-jari kaki.

Setelahnya pusatkan berat tubuh pada bagian depan kaki kanan untuk mengangkat tubuh ke atas kembali ke posisi berdiri.

Kemudian kita akan kembali ke posisi awal, namun kali ini melangkah ke belakang dengan kaki kanan untuk menyelesaikan satu putaran.

Nah, semua gerakan senam itu harus diulangi sebanyak 10 kali dalam kurun waktu 1 menit ya. Dan untuk catatan, pandangan kalian harus lurus ke depan.

Squats with arms overhead

Pada tahap ini kalian harus berdiri dengan kaki dalam kondisi terbuka selebar pinggul kedua tangan dengan posisi terentang ke atas. Posisi telapak tangan menghadap satu sama lain.

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Setelah itu kalian harus menukuk kedua lutut lalu menarik pinggul sedikit ke belakang, seperti akan duduk di kursi. Sementara itu, rentangkan tulang bahu sejajar.

Kalian harus menggunakan otot bokong  ya untuk mendorong kalian untuk kembali berdiri dalam menyelesaikan satu putaran. Ulangi gerakan ini sampai 10 kali dalam 1 menit.

Tap back

Pada posisi ini, kalian harus berdiri kemudian melangkah ke belakang dengan kaki kanan. Jangan lupa untuk meluruskan kedua lengan ke depan. Pastikan bahwa lutut kiri kalian sejajar dengan pergelangan kaki kiri dan tidak melampaui jari-jari kaki.

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Pada posisi ini, pandangan kalian juga harus lurus ke depan. Sebagai catatan, kalian tidak boleh melipat bahu dan pinggul kedalam tubuh.

Langkah selanjut nya adalah menukar posisi kaki dengan lompatan ringan dan menjaga posisi mendarat seperti posisi awal. Pastikan tumit kaki belakang Anda harus terangkat dari lantai.

Kalian harus mengulangi gerakan senam ini sebanyak 10 kali dalam kurun waktu 1 menit ya.

Burpees

Di tahap ini kalian harus berada posisi awal berdiri, lalu turunkan tubuh ke posisi jongkok.

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Kemudian jangan lupa untuk menempatkan kedua tangan lurus di samping lutut dan dorong kedua kaki Anda ke belakang hingga membentuk posisi awal push up.

Kembalilah ke posisi jongkok dan lompat ke atas sambil mengangkat tangan untuk kembali ke posisi berdiri sempurna.

Kalian dapat mengulangi gerakan jongkok, push up, dan melompat hingga 10 kali dalam kurun waktu 1 menit ya.

Mountain climber

Di fase ini kalian dapat menurunkan posisi tubuh dan lakukan posisi awal plank dengan kedua tangan menapak lantai sejajar lurus di bawah bahu.

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Kemudian dilanjutkan dengan mendorong pergelangan kaki ke belakang sehingga tubuh Anda membentuk garis lurus dari ujung kepala hingga kaki.

Setelah itu ngkat kaki kanan dan dorong lutut kanan hingga menuju dada. Kalian bisa melakukan nya secara bergantian dengan mengangkat dan dorong lutut kiri menuju dada.

Jangan luppa untuk melakukan gerakan kaki secara bergantian sambil menjaga pinggul sejajar dan bahu tetap berada tepat di atas pergelangan tangan.

Kalian harus melakukan gerakan senam aerobik ini selama 1 menit.

Pilates 100

Pada posisi ini, kita harus berbaring secara telentang dengan kedua lengan lurus di sisi tubuh kalian. 

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Kemudian angkat kedua kaki ke atas dan tekuk lutut Anda sehingga membentuk sudut 90 derajat.

Untuk langkah selanjut nya angkat kepala, pundak, dan punggung atas menjauhi lantai. Setelah itu, mulai dorong kedua tangan sambil mengambil napas dalam-dalam (ambil napas 10 hitungan dan buang 10 hitungan).

Kondisikan otot perut Anda menegang sepanjang waktu sehingga semua bagian tubuh selain kedua tangan tetap kokoh.

Dan jangan lupa untuk mengambil napas dalam-dalam hingga kalian mendapatkan sekitar 100 kali dorongan tangan.

Jumping jacks

Dalam tahap ini kita berada dalam posisi berdiri tegap dengan kedua tangan di samping tubuh dan kedua kaki sedikit terbuka.

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Setelah itu, Lompat ke atas dan lebarkan kedua tangan dan kaki ke samping, seperti membentuk bintang di udara.

Pastikan kalian mendarat secara perlahan dan kembali ke posisi awal dengan kedua sedikit terbuka dan kedua tangan lurus ke bawah. Jangan lupa untuk menjaga otot perut tetap kencang dan punggung tetap lurus sepanjang waktu.

Gerakan ini dapat diulangi tergantung pada kemampuan anda dalam kurun waktu 1 menit.

Downward dog

Pada tahap ini kalian harus memulainya dengan memposisikan badan kedalam posisi merangkak, namun pastikan kedua tangan kalian dalam posisi lurus di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Regangkan jari tangan dan cengkeram jari-jari kaki.

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Setelah itu ambil napas dalam-dalam, lalu angkat kaki menjauhi lantai sambil mengangkat pinggul kalian ke udara.

Langkah selanjutnya yaitu dorong tumit ke bawah atau sedikit tekuk lutut ke dalam. Lalu tekan tangan Anda ke lantai dengan kuat dan turunkan tulang bahu ke bawah.

Masukkan kepala Anda antara kedua lengan dan jangan biarkan menggantung, lakukan fase ini sebanyak 5 kali.

Cat and cow

Pada tahap ini kalian harus  memposisikan tubuh seperti bayi merangkak. Pastikan kedua tangan kalian berada lurus di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Jangan lupa untuk mengambil napas untuk meregangkan otot punggung.

Yuk Belajar Senam Aerobik Untuk Membakar Kalori

Tanpa membengkokkan siku atau menggerakkan pinggul, dorong tulang belakang Anda ke bawah untuk membengkokkan punggung. Angkat dagu, dada, dan pinggul ke udara, sehingga posisi perut turun menuju permukaan lantai.

Setelah kalian sampai pada kapasitas lengkungan punggung yang paling maksimal, angkatlah tulang punggung kalian ke atas dan turunkan kepala mengarah ke lantai.

Kalian dapat melakukan gerakan ini dengan cara perlahan saja ya, yaitu 5 kali napas dalam jumlah gerakan yang kalian inginkan.

Nah, itu dia pembahasan kita kali ini mengenai senam aerobik. Semoga pembahasan kita kali ini berguna buat kalian ya & kalian juga dapat membaca sekilas profil tentang Kenny Austin. Selamat berolahraga.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.