Senam Sehat Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

 

Perlukah perempuan yang sedang hamil 7 bulan melakukan senam? Gerakan senam yang bagaimana yang ibu hamil boleh lakukan?. Pasti ini adalah pertanyaan yang selalu muncul dipikiran para perempuan yang sedang mengandung, terutama perempuan yang baru pertama kali mengandung.

Bagi ibu hamil 7 bulan sangat perlu untuk melakukan senam agar menjaga badan tetap sehat, kuat, dan memiliki kebugaran jasmani yang baik sembari mendengarkan musik atau lagu chord semata karenamu.

Kehamilan 7 bulan adalah hamil tua, jadi ibu hamil perlu menjaga kesehatan tubuh. Melakukan olah raga untuk ibu hamil 7 bulan sangat perlu dilakukan, karena disamping untuk menjaga kesehatan cara ini juga diperlukan agar ibu hamil 7 bulan tidak stress.

Ibu hamil 7 bulan tidak boleh melakukan gerakan atau senam berbahaya. Ibu hamil 7 bulan sudah seharusnya konsultasi dan meminta saran kepada dokter untuk memilih jenis senam dan gerakan yang baik untuk ibu dan kandungan.

Jagalah kebugaran tubuh, terutama saat usia kandungan 7 bulan. Ibu sangat disarankan untuk terus melakukan sejumlah kegiatan fisik yang ringan. Dan jangan lupa untuk mengontrol berat badan dan mengatasi keluhan ibu hamil 7 bulan seperti sulit tidur dan resiko diabetes

Olahraga Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Berapa contoh gerakan dibawah ini cocok dan sangat baik untuk ibu hamil 7 bulan. Gerakan ini bisa dilakukan di dalam rumah, bahkan didalam kamar. Adapun jenis gerakannya adalah sebagai berikut :

Duduk

Duduklah dengan tegak dan usahakanlah posisinya senyaman mungkin. Lalu, rentangkanlah kedua kaki Ibu dengan lebar sesuai pada kemampuan Ibu, namun posisi punggung harus tetap tegak. Kemudian, lakukanlah gerakan mencondongkan badan ke depan dengan menjatuhkan lengan ke depan. Lalu tahanlah posisi tersebut selama beberapa detik.

Tidur

Selain dengan gerakan duduk, ada juga gerakan yang dapat Ibu lakukan dengan tidur. Untuk gerakan yang satu ini, sediakan juga kursi sebagai alat bantu. Tidurlah dengan posisi terlentang, angkat kaki dan letakkanlah di atas kursi, sedangkan posisi punggung Ibu tetap berada di lantai. Gerakan yang perlu Ibu lakukan adalah mengangkat bokong dengan tumpuan kedua siku Ibu. Ibu disarankan untuk melakukannya 8 kali dalam sehari.

Otot Dada

Di samping itu, Ibu juga perlu melatih otot-otot tubuh termasuk otot dada, sehingga dapat memberikan kekuatan tambahan untuk jantung dan paru-paru Ibu. Caranya mudah, yaitu dengan menyiapkan 2 buah botol yang telah diisi penuh dengan air. Gunakanlah alat sederhana tersebut untuk menjadi barbel. Lakukanlah seperti latihan barbel sebanyak 5-10 kali tiap gerakannya.

Pelenturan

Olahraga untuk Ibu hamil 7 bulan yang satu ini berfungsi melatih kelenturan tubuh Ibu. Gerakan senam ini dapat dilakukan dengan menggunakan kursi makan yang empuk. Duduklah di kursi itu dengan posisi duduk tegak serta kedua tangan di pinggang. Luruskanlah satu kaki, lalu tekuklah telapak kaki ke arah dalam dan tahanlah selama kurang lebih 5 detik.

Pendinginan

Gerakan Ibu hamil 7 bulan ini dapat Ibu lakukan dengan duduk santai di atas sofa. Bersandarlah pada sofa dan jagalah keseimbangan Ibu dengan posisi punggung tetap lurus. Lalu, pertemukan 2 telapak kaki Ibu dengan posisi seperti bersila. Kemudian tahan posisi tersebut kurang lebih selama 8 detik

Hal yang Sangat Dilarang Saat Ibu Hamil 7 Bulan

Selain melakukan olahraga untuk Ibu hamil 7 bulan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih fit, Ibu juga disarankan untuk tidak melakukan beberapa aktivitas yang dapat merugikan dan membahayakan kondisi kehamilan Ibu. Beberapa dokter menyarankan Ibu hamil 7 bulan yang mengendarai sepeda motor harus sangat berhati-hati, terlebih ketika melewati jalan yang rusak. Bahkan, ketika usia kehamilan tua, seorang Ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak sendirian dalam mengendarai kendaraan, terutama motor, karena dapat membahayakan kehamilannya.

Setelah mengetahui gerakan olahraga untuk Ibu hamil 7 bulan, jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan kepada dokter kandungan, agar Ibu juga bisa selalu memantau kondisi kandungan dan selalu jaga kesehatan calon sibuah hati.

Gambar Senam Ibu Hamil 7 Bulan

Berikut ini admin menyertakan gambar senam ibu hamil 7 bulan yang bisa di praktekkan dirumah.



Demikian artikel senam sehat untuk ibu hamil & setelah membaca artikel diatas kamu juga dapat membaca sekilas profil tentang Kenny Austin, selamat membaca.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.