Ketahui 7 Manfaat Joging di Pagi Hari

Ketahui 7 Manfaat Joging di Pagi Hari

Ada begitu banyak olahraga yang diminati masyarakat, mulai olahraga bola besar sampai bola kecil, berenang, memanah, hingga joging yang dapat juga meningkatkan kebugaran jasmani.

Joging merupakan satu dari sekian banyak olahraga yang paling banyak peminatnya. Hal itu disebabkan oleh pengerjaan nya yang sederhana.

Selain itu, joging juga tidak memerlukan teknik khusus sehingga dapat dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga para lansia juga dapat melakukan olahraga ini.Seperti salah satu aktor muda yang rutin melakukan olagraga jogging ialah Kenny Austin.

Dalam pelaksanaanya, joging dilakukan dengan berlari dalam kecepatan rendah. Umumnya olahraga ini sering di defenisikan sebagai aktivitas berlari dengan kecepatan kurang dari 6 mil per jam (mph). Saat melakukan jogging, kamu juga dapat mendengarkan musik atau lagu chord runtah untuk membuat kamu lebih bersemangat.

Jadi, apa saja sih manfaat joging di pagi hari? Langsung simak ya.

Manfaat Joging di Pagi Hari

Menurunkan Berat Badan

Olahraga ini menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan berat badan.

Pasalnya, hanya dengan joging dalam kurun waktu 30 menit saja, kamu sudah berhasil membakar sebanyak 300 kalori. Bayangkan saja jika kamu rutin melakukan olahraga ini, maka kamu dapat menurunkan berat bedan kamu lebih cepat.

Memperkuat Sistem Imunitas

Ternyata dengan rutin melaksanakan joging dapat memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Hal ini berlaku untuk penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang seperti diabetes.

Olah raga yang satu ini juga dapat merangsang produksi limfosit dan makrofag yang melawan infeksi dalam tubuh, termasuk infeksi bakteri maupun virus.

Baik untuk Jantung

Jika kamu ingin memiliki jantung yang sehat, maka kamu perlu melaukukan olahraga joging secara rutin setiap hari agar terhindar dari serangan jantung dan masalah lain yang berkaitan dengan jantung.

Selain itu Joging  juga dapat membantu menjaga tekanan darah, serta mengendalikan kadar kolesterol dan glukosa darah.

Meningkatkan Sistem Pernapasan

Sebagai tambahan informasi buat kamu, joging menjadi satu di antara bentuk latihan aerobik tertua dan terpopuler saat ini. Sama seperti latihan aerobik lainnya, joging  dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan.

Dengan  melakukan joging di pagi hari, paru-paru akan mengambil oksigen lebih banyak dan membuang karbondioksida secara efisien.

Menurunkan Resistensi Insulin

Resistensi insulin adalah  salah satu di antara penanda tahap awal diabetes. Sel dalam tubuh tidak memberi respons terhadap insulin, yaitu hormon yang mengendalikan kadar gula darah.

Berdasarkan hasil penelitian, joging secara teratur  dapat menurunkan resistensi insulin pada peserta penelitian. Laporan yang sama juga mencatat, penurunan lemak tubuh dan peradangan mungkin menjadi penyebab peningkatan resistensi insulin.

Bantu Lindungi Anda dari Efek Negatif Stres

Berdasrkan hasil penelitian, joging  ternyata dapat melindungi otak dari efek stres yang berbahaya. Studi menemukan, latihan aerobik seperti joging berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres.

Pada saat joging, tubuh kita akan melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon yang dapat membantu meningkatkan semangat dan menciptakan perasaan positif terhadap diri sendiri. Jadi, bisa merasa tenang dan segar setelah melakukan aktivitas ini.

Membantu Mengatasi Depresi

Olahraga ini telah lama diketahui dapat membantu mengatasi gejala depresi. Studi pada 2018 meneliti kadar kortisol pada orang yang mencari pengobatan untuk depresi.

Setelah kamu melakukan 12 minggu olahraga secara konsisten, kamu akan mengalami penurunan kadar kortisol sepanjang hari. Kortisol ini adalah hormon yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap stres.

Jika kamu memiliki gejala kecemasan atau depresi dianjurkan untuk melakukan olahraga yang  kamu sukai dan  Joging dapat menjadi salah satu di antara pilihan yang bisa dilakukan, baik sendiri maupun bersama orang-orang terdekat.

Nah, itu dia sobat menegenai manfaat joging di pagi hari, sangat banyak bukan? Untuk menjaga tubuh mu agar tetap sehat kamu jangan malas berolahraga ya. Banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, namun jika kamu pecinta olahraga yang simpel, maka joging dapat menjadi salah satu pilihan byang tepat.

Itulah mengenai penjelasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat berolahraga.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.